KPA Tes HIV/AIDS PSK
Tanggal: Tuesday, 21 February 2012
Topik: HIV/AIDS


Surabaya Post, 21 Februari 2012

GRESIK -- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Gresik bersama dengan Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan lewat tes HIV/AIDS di Desa Betiring Kecamatan Cerme, Senin (20/2). Puluhan Penjaja Seks Komersial (PSK) maupun ibu rumah tangga ikut dites dan diperiksa di rumah Ketua RT setempat.

Pemeriksaan itu dilakukan karena sebelumnya, ada indikasi mereka tidak mau diperiksa atau dites HIV/AIDS. Itu karena mereka takut diobrak Satpol PP dan dikirim ke rumah pembinaan atau rumah mereka masing-masing.

Ketakutan mereka beralasan, karena hampir semua PSK di Betiring ini berasal dari luar kota. Untuk pendataan dan pendekatan sudah dilakukan jauh-jauh hari sehingga tim lebih mudah untuk sosialisasi bahaya HIV, dan pengambilan darah untuk tes dapat berlangsung baik.

“Kami mempunyai hotspot di beberapa tempat yang kami sinyalir terdapat kelompok beresiko terkena HIV/AIDS atau kelompok yang secara tidak langsung menjadi beresiko terkena,” jelas Maslikan, petugas dari KPA Gresik.

Di antara kelompok berisiko dan tidak langsung beresiko kata Maslikan, selain PSK juga para pelayan di warung remang-remang, kafe, istri yang ditinggal merantau suaminya ke luar kota, transfusi darah, pemakaian jarum suntik terkontaminasi secara bergantian dalam lingkungan perawatan kesehatan. Kemudian melalui suntikan narkoba, ibu yang sudah terkena HIV/AID lalu kehamilan, persalinan, dan menyusui.

“Kami akan mendatangi kelompok beresiko langsung dan tidak langsung setiap 3 bulan sekali untuk kami berikan penyuluhan terkait bahaya HIV/AIDS dan cara menghindari,” ungkap Maslikan.

Sementara petugas Puskesmas Alon-Alon yang melakukan tes HIV/AIDS ini, mengatakan para PSK di kawasan Cerme itu sangat antusias dengan kegiatan yang dilakukan tim. Ternyata banyak yang tidak paham dengan bahaya penyakit mematikan tersebut. md6

Sumber: http://www.surabayapost.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6048