Tetap Produktif di Usia Tua
Tanggal: Tuesday, 21 February 2012
Topik: Narkoba


Samarinda Pos, 21 Februarii 2012

SAMARINDA. Kondisi lansia atau lanjut usia tak melulu identik dengan kondisi ketakberdayaan. Justru lewat Bina Ketahanan Lansia dan Rentan (BKL), ingin dibentuk citra lansia yang mandiri dan produktif. Demikian diungkap Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim, Jufri Yasin.

"Kami mengharapkan keluarga yang memiliki lansia, bisa lebih peduli dan dapat mewujudkan lansia yang tidak hanya sehat, tetapi juga mandiri dan produktif. Sehingga tidak hanya peduli lansia, tetapi menjadikan lansia-lansia yang peduli," ujarnya.

BKL sendiri adalah salah satu program yang berupaya untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan membina ketahanan keluarga. Program ini berjalan dengan fokus memperhatikan kelompok usia penduduk berdasarkan siklus hidup, mulai dari janin hingga lanjut usia. Selain BKL, ada juga Bina Ketahanan Balita dan Anak (BKB) dan Bina Ketahanan Keluarga Remaja (BKR).

Sekadar informasi, program BKR sendiri ini merupakan wadah kegiatan keluarga dalam upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi keluarga atau orangtua di dalam pengasuhan dan membina tumbuh kembang anak, sehingga terhindar dari masalah Triad (seks bebas, infeksi HIV/AIDS dan Narkoba).

Dia berharap, informasi ini bisa menyebar hingga ke kabupaten dan kota, sementara BKKBN Kaltim hanya bisa memfasilitasi lewat upaya pembinaan dan sosialisasi. Bahkan untuk pencapaian Program Peningkatan Ketahanan Keluarga, telah disediakan dana pada 2012.

"Kami berharap, agar dari dana tersebut segera dapat dilaksanakan Diseminasi Kebijakan Ketahanan Keluarga di kabupaten dan kota. Sehingga, hal ini dapat mewujudkan keluarga yang kreatif dan inovatif," pungkasnya. (ama/lee)

Sumber: http://www.sapos.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6053