Waduh, Tren Penularan HIV/AIDS Mulai Serang Anak-Anak
Tanggal: Monday, 27 February 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 24 Februari 2012

PURWOKERTO: Tren penularan HIV/AIDS di Banyumas, Jawa Tengah, mulai terjadi kepada anak-anak. Sampai akhir Januari 2012 di Klinik Voluntary Conseling and Testing (VCT) RSUD Margono Soekarjo tercatat ada tujuh anak terinfeksi HIV/AIDS.

Konselor VCT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Margono Soekarjo, Purwokerto, Akhmad Wiryawan mengungkapkan anak-anak yang tertular penyakit tersebut berusia antara 0 hingga 14 tahun.

"Pada awalnya adalah seorang laki-laki yang melakukan hubungan seks bebas dan pecandu narkoba. Kemudian tren berikutnya menular kepada ibu-ibu rumah tangga. Saat ini anak-anak yang mulai tertular. Di Klinik VCT RSUD Margono Soekarjo ada tujuh anak yang tertular HIV/AIDS," katanya, Jumat (24/2).

Menurutnya, HIV/AIDS pada anak-anak ditularkan oleh orang tua mereka yang mengidap HIV/AIDS. Padahal, seharusnya keluarga atau orang yang telah positif HIV/AIDS sadar diri agar jangan sampai menularkan kepada anak-anak mereka.

Wiryawan mencontohkan, ada satu kasus pada 2007 seorang perempuan yang mengidap HIV/AIDS lolos dan bisa bekerja sebagai buruh migran. Bahkan, belakangan diketahui yang bersangkutan memiliki anak. "Hal-hal semacam inilah yang seharusnya disadari oleh orang yang mengidap HIV/AIDS," katanya.

Ia berharap pengidap HIV/AIDS yang hamil agar segera berkonsultasi, sehingga bisa dilakukan antisipasi secepatnya. (LD/OL-01)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6090