Minggu Besok, Liga Perubahan Dimulai
Tanggal: Monday, 27 February 2012
Topik: Narkoba


KOMPAS.com, 25 Februari 2012

BANDUNG - Turnamen street soccer digelar Rumah Cemara, sebuah organisasi komunitas yang memiliki program menyasar pengguna narkoba serta orang yang hidup dengan HIV/AIDS, bertajuk Liga Perubahan.

Kompetisi olahraga ini diharapkan menjadi pembawa pesan kesetaraan, bagi kaum termarjinalkan seperti orang yang hidup dengan HIV/AIDS.

Liga Perubahan bakal dimulai Minggu (26/2/2012) pagi besok, dengan tempat pertandingan di bawah Jalan Layang Pasupati, tepatnya Lapangan Pulosari, Jalan Balubur, Kota Bandung.

Selama kompetisi yang berlangsung hingga 28 Februari, ada delapan tim yang berlaga yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan DI Yogyakarta.

Humas Rumah Cemara, Karmala Wardhani, mengungkapkan bahwa tujuan dari Liga Perubahan adalah meningkatkan kualitas hidup ODHA (orang dengan HIV/AIDS) melalui olahraga. Hal itu sekaligus menghapus stigma yang terpatri di masyarakat yakni ODHA pasti sakit-sakitan dan tidak bisa berolahraga.

Tim yang berlaga terdiri dari berbagai kalangan seperti ODHA, mantan pengguna narkoba, maupun kaum miskin.

Rumah Cemara menetapkan beberapa persyaratan yang dipenuhi sebelumnya oleh tim peserta yakni hasil tes HIV bagi ODHA, hasil tes Addiction Severity Index untuk mantan pecandu narkoba, serta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi kaum miskin.

Kiprah Rumah Cemara dalam mengkampanyekan persamaan hak ODHA melalui sepak bola, sudah dirintis sebelumnya sejak mereka mengikuti Homeless World Cup di Paris, Perancis.

Dalam partisipasi perdana mereka, Rumah Cemara berhasil meraih peringkat ke-VI dan mendapat penghargaan selaku pendatang terbaik serta pemain terbaik yaitu kapten mereka, Deradjat Ginanjar Koesmayadi.

Sumber: http://regional.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6093