Liga Sepakbola Komunitas ODHA
Tanggal: Monday, 27 February 2012
Topik: Narkoba


okezone.com, 26 Februari 2012

BANDUNG – Rumah Cemara, organisasi berbasis komunitas di Bandung, menggelar turnamen sepakbola street soccer bagi kaum marjinal seperti Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA), mantan pengguna narkoba, dan masyarakat miskin, mulai Minggu 26 –28 Februari 2012.

Street soccer pertama kali di Indonesia khusus bagi kaum “marjinal” ini berlangsung di Lapang Pulosari, Jalan Balubur, Bandung. Ada 8 tim dari 8 provinsi di Indonesia yang mengikuti kompetisi League of Change ini, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan DI Yogyakarta.

Humas Rumah Cemara Karmala Wardhani mengatakan, League of Change bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup ODHA melalui sepakbola, dan menghapus stigma dan diskriminasi terhadap ODHA. “Kami menggunakan sepakbola sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup ODHA dan pengguna napza. Kami berharap melalui kegiatan ini stigma, diskriminasi dan kriminalisasi terhadap ODHA dan pengguna napza secara bertahap dapat dihilangkan,” katanya, melalui rilisnya kepada okezone.

Karmala menjelaskan, League of Change bukanlah semata-mata sebuah kompetisi sepakbola untuk meraih prestasi melainkan sebuah kampanye sosial untuk memberikan kesempatan yang sama kepada kelompok marjinal untuk mengaktualisasikan dirinya melalui sepakbola.

Sebagai pantia penyelenggara, Rumah Cemara telah menetapkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap tim yang akan mengikuti kompetisi ini di antaranya menyertakan hasil tes HIV bagi tim yang beranggotakan ODHA, hasil tes Addiction Severity Index (ASI) bagi pengguna narkoba, dan menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi kalangan yang tidak mampu.

Sebagai catatan, Rumah Cemara berdiri 2003 dan telah menjadi tempat untuk berbagi pengalaman, kekuatan, harapan serta informasi bagi para pengguna narkoba dan ODHA dalam meningkatkan kualitas hidupnya.

Hingga saat ini, Rumah Cemara telah membantu lebih dari 6 ribu ODHA dengan berbagai latar belakang seperti pecandu narkoba, ibu rumah tangga, anak kecil, wanita pekerja seks di Jawa Barat.

Rumah Cemara memiliki tim sepakbola yang pernah mewakili Indonesia dalam kejuaraan dunia Homeless World Cup yang digelar 21 – 28 Agustus 2011 di Perancis. Dalam kejuaraan yang diikuti 64 negara itu, Indonesia melalui Rumah Cemara berada di peringkat ke-6 serta meraih penghargaan best newcomer team dan best player yang diraih kapten tim, Deradjat Ginandjar Koesmayadi. League of Change yang saat ini digelas sekaligus jadi ajang seleksi bagi tim Indonesia untuk mengikuti Homeless World Cup 2012 di Meksiko.

“Liga ini didukung Allan Taylor Grant dari Department of Foreign and Trade, Kedutaan Besar Australia dan sponsor lainnya,” tambahnya. (fit)

Sumber: http://bola.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6096