Rumah Cemara Gelar Sepak Bola League of Change
Tanggal: Monday, 27 February 2012
Topik: Narkoba


PRLM, 26 Februari 2012

BANDUNG - Sebanyak 120 peserta mengikuti turnamen sepak bola street soccer League of Change (LOC) yang digelar di area terbuka Lapang Pulosari, bawah jembatan Pasopati, JlN. Balubur, Kota Bandung, Minggu (26/2). Para peserta terdiri dari para penyandang Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA), mantan pengguna narkoba, dan juga masyarakat umum.

Turnamen yang baru pertamaa kali digelar di Indonesia itu dicetus oleh Rumah Cemara. Adapun 8 tim dari 8 provinsi di Indonesia yang berpartisispasi dalam ajang tersebut yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan DI Yogyakarta.

Founder Rumah Cemara, Deradjat Ginandjar Koesmayadi mengatakan, turnamen tersebut diselenggarakan untuk menghapus stigma dan diskriminasi terhadap ODHA. "Ini memberikan gambaran kepada masyarakan bahwa kami bisa memberikan sesuatu kepada masyarakat, salah satunya melalui sepak bola," ujarnya ketika ditemui di sela-sela acara.

Dia menuturkan, ajang tersebut juga memberikan kesempatan kepada ODHA, mantan pengguna narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza), ataupun mereka yang tengah dalam pemulihan untuk bisa mewakili daerahnya di ajang nasional. "Ini akan sangat memengaruhi spirit juga emosi mereka dengaan positif. Yang jelas, ini membantu pembentukkan karakter mereka," katanya.

Pria yang akrab disapa Ginan itu menuturkan, dalam penyelenggaraan turnamen tersebut pihaknya dibantu warga sekitar yakni masyarakat Pulosari dan Bedeng. Dia menjelaskan, mereka bekerjasama membangun lapangan di bawah jembatan Pasupati secara swadaya.

"Inilah bentuk apresiasi masyarakat. Kami sangat berterimakasih terutama masyarakat pulosari dan Bedeng. Ini wujud bahwa stigma dan diskriminasi itu ga ada," ucapnya. (A-197/A-147)***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6097