Data Pengidap HIV/AIDS Beragam
Tanggal: Monday, 27 February 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 27 Februari 2012

JUMLAH pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bervariasi bergantung pada penyebabnya. Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Temanggung mendata ada 260 penderita yang tertular melalui jarum suntik. Adapun berdasarkan penularan melalui hubungan seks bebas, BNK tidak memiliki data pengidap.

"Dari jarum suntik tercatat 260 pengidap HIV/AIDS. Tapi, mereka tidak termasuk data penderita penyakit HIV/AIDS di Dinas Kesehatan Temanggung," kilah Ketua BNK Temanggung Budiarto, kemarin.

Hal itu berbeda dengan pengidap HIV/AIDS berdasarkan pendataan dinkes dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) yang hanya melakukan tes terhadap penderita di rumah sakit di wilayah Temanggung.

Staf Administrasi KPA Temanggung Agus Anang B menyatakan temuan BNK itu tidak tercatat pihaknya. Menurut KPA, sejak kasus HIV/AIDS di Temanggung ditemukan pada 1997 hingga saat ini, pengidap hanya mencapai 176 orang. Selain jumlah itu, lanjut Anang, ada 19 kantong darah di PMI Temanggung sejak 1997 hingga tahun ini yang terdeteksi positif HIV/AIDS.

"Temuan kantong darah itu juga tidak dicatat di KPA karena tidak jelas by name dan by adress. Hanya ada nomor kantong darah sehingga hanya dilaporkan kepada KPA," pungkasnya. (TS/N-4)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6102