Waspada Bila Alami Diare Akut, Itu Gejala HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 29 February 2012
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 29 Februari 2012

CIAMIS - Seorang ibu rumah tangga di Pamarican, Kabupaten Ciamis, dilaporkan positif mengidap HIV/AIDS. Hingga bulan Februari, tercatat lima warga Pamarican mengidap HIV/AIDS.

"Kami baru saja menerima laporan dari Puskesmas Pamarican. Ada ibu rumah tangga yang diduga mengidap HIV/AIDS. Ibu rumah tangga itu tidak memiliki hubungan keluarga atau persaudaraan dengan empat penderita HIV/AIDS yang ditemukan pada bulan Januari lalu," ujar Kabid Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Ciamis, dr H Yoyo, kepada Tribun, Selasa (28/2).

Menurut laporan awal dari Puskesmas Pamarican, kata Yoyo, ibu rumah tangga yang diduga mengidap HIV/AIDS itu berobat ke puskesmas. Menurut Yoyo, ibu rumah tangga itu mengalami keluhan dan gejala-gejala HIV/AIDS.

"Kami dari Dinkes dan tim Komisi Penanggulangan AIDS Ciamis dan relawan/konselor VCT AIDS akan mengunjungi ibu rumah tangga yang dilaporkan mengidap HIV/AIDS," ujar Yoyo.

Menurut Yoyo, jumlah penderita HIV/AIDS di Ciamis meningkat. Para penderita HIV/AIDS ini, kata Yoyo, bukan kelompok berisiko tinggi, melainkan dari kalangan masyarakat biasa bahkan dari pelosok desa. "Rata-rata penderita pernah merantau. Mereka kemudian pulang kampung," katanya.

Meningkatnya jumlah kasus HIV/AIDS di Ciamis, menurut Yoyo, harus ditangani secara serius. Komisi Penanggulangan AIDS Ciamis, ujar Yoyo, harus lebih banyak berperan. Yoyo mengatakan dibutuhkan fasilitas dan dana yang besar.

Pada bulan Januari, Dinkes Ciamis menemukan lima penderita baru HIV/AIDS. Satu penderita penyakit yang menggerogoti kekebalan tubuh ini adalah pekerja seks komersial yang beroperasi di kawasan pantai wisata Pangandaran.

Empat lainnya adalah pasangan suami-istri yang masuk dalam usia produktif. Empat penderita HIV/AIDS asal Pamarican ini diketahui setelah mereka dirawat di RSU Kota Banjar karena menderita penyakit diare akut yang tidak sembuh-sembuh.

Dengan adanya temuan empat kasus baru itu, jumlah penderita HIV/AIDS di Ciamis sejak pendataan dari tahun 1999 sampai 2012 awal sudah mencapai 97 orang. Dari jumlah tersebut, 78 orang di antaranya pengidap HIV dan 19 lainnya mengidap AIDS. (sta)

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6121