Lutra Peringkat 17 Pengidap HIV/AIDS di Sulsel
Tanggal: Friday, 02 March 2012
Topik: HIV/AIDS


Ujungpandang Ekspres, 02 Maret 2012

MASAMBA -- Wakil Bupati Luwu Utara (Lutra), yang juga Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Lutra, Hj Indah Putri Inriani, meminta seluruh stakeholder terkait baik jajaran internal pengurus KPA Lutra, peran SKPD, maupun seluruh pemangku kepentingan untuk terus berupaya dan berkomitmen dalam merespon setiap permasalahan epidemi di Lutra dengan melakukan berbagai upaya dan langkah-langkah strategis, baik dari aspek penguatan kelembagaan maupun pengembangan program untuk meningkatkan respon dalam mengendalikan laju epidemi HIV/AID yang semakin mengalami peningkatan termasuk di Lutra. Ajakan ini disampaikan Indah Putri Inrian dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) KPAD di aula Lagaligo, Kamis (29/3) kemarin.

Indah menyebutkan, sesuai dengan data KPAD Provinsi, pengidap HIV/AIDS di Lutra sejak tahun 2009 sebanyak 7 orang dan tahun 2010 mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni 14 orang. Data ini bertahan hingga tahun 2011 yang lalu. Dengan angka ini Lutra masuk dalam peringkat ke-17 dari 24 Kabupaten /kota se Sulsel walaupun secara kuantatif jumlahnya tidak banyak, namun kondisi ini sangat mengkhawatirkan sehingga memerlukan perhatian yang serius dari semua pihak apalagi tingkat pertumbuhanya yang sangat signifikan yakni telah mencapai angka 100% belum lagi yang belum sempat terdata yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Perkembangan kasus epidemi HIV/AIDS yang cukup tinggi tersebut kata Indah, menandakan adanya level epidemik terkonsentrasi, itu artinya telah ada kelompok populasi tertentu dimana kasus HIV/AIDS telah melebihi 5% ditambah lagi laju perkembangan epidemik tersebut tidak mampu kita kendalikan bersama, maka dikhawatirkan daerah kita akan mengarah kepada tingkat epidemi yakni generalize epidemic level di mana virus HIV akan memasuki strata sosial masyarakat," tuturnya.

Sumber: http://www.ujungpandangekspres.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6146