Mahasiswa HI UPNVY Perluas Praktik Diplomasi di Luar Negeri
Tanggal: Friday, 02 March 2012
Topik: Narkoba


detikNews, 02 Maret 2012

Yogyakarta Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional (HI) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) mengikuti program magang internasional pada Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) di berbagai negara.

Salah satu di antara mahasiswa itu adalah Meity Ayu Nursanti, yang magang sebagai tenaga sukarela di Rashidabad-Sindh, Pakistan, sejak awal Februari 2012.

"Dengan magang pada AIESEC ini mahasiwa dapat mempraktikkan ketrampilan berdiplomasi di negara lain dalam rangka memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat internasional," demikian Ludiro Madu, MSi dari Board of Advisor AIESEC UPNVY kepada detikcom, Jumat (2/3/2012).

Lanjut Ludiro, melalui progam magang internasional AIESEC FISIP UPNVY ini mahasiwa juga diharapkan dapat merasakan atmosfir berbeda, pengetahuan global, dan memperluas jejaring sosial dengan masyarakat di negara lain.

Di Rashidabad-Sindh, Meity melakukan berbagai kegiatan selama 6 pekan, seperti mengajar Bahasa Indonesia dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada para siswa sekolah di bawah Yayasan Rashid Memorial Welfare Organization (RMWO).

"Organisasi sosial ini didirikan oleh para mantan perwira tinggi AB Pakistan dan diketuai oleh mantan Gubernur Sindh, Letjen purnawirawan Moinuddin Haider," imbuh Ludiro.

Untuk meningkatkan hubungan Indonesia-Pakistan, Yayasan RMWO telah mengadakan jamuan makan malam di Service Club Karachi (9/2/2012), yang juga dihadiri oleh Konjen RI Karachi Rossalis R. Adenan, para petinggi Yayasan RMWO serta kalangan pejabat pemerintah Provinsi Sindh.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan RMWO menyampaikan antara lain bahwa Pakistan tidak dapat melupakan bantuan Presiden Sukarno kepada rakyat Pakistan pada waktu perang tahun 1965.

Pakistan menganggap bangsa Indonesia sebagai saudara sendiri serta mengharapkan agar hubungan kedua negara akan terus meningkat di segala bidang, termasuk di bidang sosial budaya. Ketua RMWO mengharapkan agar di masa mendatang akan ada lagi mahasiswa Indonesia yang mengunjungi Rashidabad.

Program magang ke luar negeri ini merupakan salah satu kegiatan AIESEC yang dirintis pembentukannya di FISIP UPNVY sejak 2010. Mahasiswa dari Jurusan HI merupakan peminat terbesar program AIESEC ini dibandingkan jurusan lain di kampus ini.

Selain Meity, pada 2012 ini masih ada sebanyak 14 mahasiswa mengikuti program magang AIESEC ke luar negeri. Sebelumnya pada 2011, ada 12 mahasiswa FISIP UPNVY dan Fakultas lain di UPN yang telah berangkat magang ke Rusia, Polandia, Cina dan Thailand.

Di sana mereka mengerjakan beberapa project dari AIESEC seperti HIV/AIDS, Ekologi, woman empowerment, environment, business management, hingga Project Edukasi.

Sebaliknya FISIP UPNVY pada tahun ini juga menerima mahasiswa magang May Xiaoming dari Shanghai University of Finance and Commerce, RRC. Selama magang, Xiaoming mengajar Bahasa Mandarin kepada dosen dan mahasiswa. (es/es)

Sumber: http://news.detik.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6149