PENULARAN HIV/AIDS: Indonesia bebas infeksi HIV 2015
Tanggal: Friday, 02 March 2012
Topik: HIV/AIDS


Bisnis Indonesia, 02 Maret 2012

JAKARTA: Pemerintah menargetkan tidak ada lagi kasus infeksi baru dari penularan HIV/AIDS di Indonesia pada 2015.

Guna mencapai target itu, ada tujuh strategi yang diterapkan sejak sekarang. “Pemerintah serius berupaya mengatasi penularan HIV/AIDS. Saat ini penularannya sudah heterogen, bahkan ibu rumah tangga pun bisa tekena,” kata Menko Kesra Agung Laksono seusai Rakor Kesra Bidang HIV/AIDS di kantor Kementerian Kesehatan, Jumat, 2 Maret 2012.

Ketujuh strategi tersebut, kata Nafsiah Mboi, Sekretaris Komisi Nasional Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), a.l. fokus kepada populasi kunci pengguna di kalangan narkoba suntik, dan pengurangi adiksi agar benar-benar besih.

Selain itu, pencegahan lewat transmisi seksual yang dinilai cukup banyak dan sulit dalam mengubah perilaku seks berisiko.

Selanjutnya, peningkatan penggunaan kondom untuk mengendalikan epidemi. Terkait dengan pendanaan untuk penanggulangan penularan HIV/AIDS ini, pemerintah menyediakan anggaran dari APBN sebesar US$37 juta, padahal kebutuhan seluruhnya US$214 juta untuk tahun ini.

Nafsiah menuturkan untuk 2013 kebutuhan anggaran penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia sebesar US$230 juta, dan pada 2014 sebanyak US$246 juta.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menambahkan kebutuhan obat ARV untuk penderita HIV/AIDS untuk lini pertama sudah diproduksi di dalam negeri dan untuk lini kedua masih ada bantuan dari global fund. (spr)

Sumber: http://www.bisnis.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6150