Puskesmas di Deli Serdang Layani Penderita HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 06 March 2012
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 05 Maret 2012

LUBUK PAKAM - Adanya unit pelayanan di Puskesmas dan rumah sakit, khususnya di Deli Serdang, kini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh penderita HIV/AIDS.

Jika selama ini penderita masih sering tertutup, sekarang tak ada salahnya memanfaatkan unit pelayanan yang sudah ada. Unit pelayanan VCT yang ada di Puskesmas Tanjung Morawa, Bandar Khalifa dan Puskesmas Bandar baru, kini bisa digunakan untuk konseling.

Unit di Tanjung Morawa juga bisa digunakan untuk penderita narkoba suntik. Selama ini, ketergantungan dengan narkoba suntik digantikan dengan sejenis zat metadon, yang diminum untuk mengganti ketergantungan.

Unit pelayanan lainnya adalah pelayanan CST. Unit ini untuk melakukan pengobatan atau pemberian kepada penderita AIDS dengan ketentuan pemeriksaan CD4 (pemeriksaan darah).

"Kami berharap, mesin CD4 bisa secepatnya didistribusikan ke RSUD Lubuk pakam, untuk memudahkan pelayanan. Karena, selama ini penderita hanya dirujuk ke Labkesda di Medan" kata Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pemkab Deli Serdang dr Ade Budi Krista, Minggu, (4/3/2012).

Unit pelayanan lain yang saat ini bisa dimanfaatkan adalah Pelayanan PMTCT. Di sini, ibu hamil yang penderita AIDS dilayani agar tidak melahirkan bayi dengan penyakit yang sama.

Kasus yang juga pernah terjadi di Deli Serdang ini diharapkan tidak lagi terjadi. Pelayanannya ada di RS Haji dan RS Adam Malik.

"Pelayanan ini sudah ada kurang lebih tiga tahun lalu, makanya harus bisa dimanfaatkan dengan baik," tandas dr Ade. (*)

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6167