Undip-UNESCO Gelar Kuliah Teleconference
Tanggal: Tuesday, 06 March 2012
Topik: Narkoba


Suara Merdeka, 06 Maret 2012

SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) bersama Universitas Indonesia (UI) dan UNESCO mengadakan kuliah dengan menggunakan teknologi e-learning berbasis video conference menggenai penanggulangan HIV/AIDS, baru-baru ini.

Sebanyak 200 peserta yang datang dari berbagai jurusan dan program studi di Undip mengikuti kuliah e-learning dengan tema ”Substansi, Pencegahan dan Penanggulangannya bagi Anak Muda”, di Kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip Tembalang.

Dekan FKM Undip Dra VG Tinuk Istiarti MKes mengatakan, kegiatan tersebut terselengara atas kerja sama FKM Undip, FKM UI, dan UNESCO. Kuliah ini terbuka bagi mahasiswa lintas program studi.

”Isu tentang HIV/AIDS menjadi isu penting yang harus dipahami mahasiswa. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan dan perilaku mahasiswa dalam berinteraksi setiap hari yang berisiko tinggi tertular,” ungkapnya.

Jumlah HIV tahun 2011 tercatat 15.589 kasus. Di Jawa Tengah, selama 2006-2011 ada 4.299 kasus dengan jumlah kasus HIV pada 2011 tertinggi pada kelompok umur 20-29 tahun, yakni 45,9%.

Dorong Kesadaran

Tinuk mengatakan, fakta tersebut merupakan bukti nyata bahwa mahasiswa adalah kelompok yang berpotensi memiliki peluang terbesar terkena penularan HIV/AIDS. Hal itu terungkap dengan banyaknya mahasiswa yang tidak memahami dengan baik bagaimana pacaran yang sehat serta perilaku seks yang aman.

”Kebanyakan mahasiswa banyak yang mengobral ciuman dan lebih buruknya lagi berganti-ganti pasangan yang kita tidak tahu apakah pasangannya sehat dan bersih dari HIV/AIDS atau tidak,” tandasnya.

Penggunaan metode ini adalah alternatif pembelajaran yang jauh lebih modern dan menyenangkan, sehingga diharapkan dapat mengurangi kejenuhan mahasiswa yang seringkali mengikuti kuliah model konvensional seperti ceramah. Dalam model itu mahasiswa bisa melihat video streaming tentang kasus HIV/AIDS di berbagai tempat di dunia.

”Secara kognisi dan afeksi ini jauh lebih mengena,” paparnya. Diharapkan ketika pemahaman dan kesadarannya bagus maka perilaku juga akan mengikuti. (H74-37)

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6172