Hanya Tiga Kecamatan di Temanggung yang Bebas HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 08 March 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 07 Maret 2012

TEMANGGUNG: Tiga dari total 20 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah hingga kini masih terbebas dari temuan penyakit HIV/AIDS.

Tiga kecamatan tersebut, menurut Staf Pengelola Data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Temanggung, Untoro, adalah Gemawang, Tlogomulyo dan Kecamatan Wonoboyo.

"Hingga sekarang belum ada temuan kasus HIV/AIDS di tiga kecamatan itu. Jadi masih bebas. Kalau di 17 kecamatan lainnya sudah merata ditemukan kasus HIV/AIDS," ungkap Untoro, Rabu (7/3).

Sejak kasus HIV/AIDS di Temanggung pertama kali ditemukan pada 1997, hingga saat ini sudah ada 180 penduduk Temanggung yang mengidap penyakit berbahaya tersebut. Angka ini terbilang tinggi sehingga menempatkan Temanggung pada posisi keenam tertinggi se-Jateng untuk HIV/AIDS.

Agus Anang B, staf Bagian Administrasi KPA Temanggung, menambahkan, kebanyakan HIV/AIDS di wilayahnya disebabkan oleh seks bebas dan pemakaian jarum suntik.

Kepala Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Temanggung Budiarto mengatakan pihaknya menemukan ada 260 warga daerah itu yang sudah menderita HIV/AIDS akibat pemakaian narkotika jenis jarum suntik. (TS/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6183