PSK Rawan Terjangkit HIV-AIDS
Tanggal: Thursday, 08 March 2012
Topik: HIV/AIDS


Cenderawasih Pos, 08 Maret 2012

JAYAPURA – Papua merupakan salah satu daerah yang memiliki kerentanan HIV-AIDS yang tinggi akibat perubahan ekonomi dan sosial di lingkungan masyarakat. Hingga saat ini, kasus epidemi AIDS dan penderita infeksi terus meningkat dan merajalela di berbagai kabupaten, kota dan khusus di Kota Jayapura.

Atas keprihatinan masalah tersebut, Yayasan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Papua melakukan Pelatihan Negosiasi Kondom bagi PSK tentang HIV-AIDS dan Kespro di Aula Gereja Katolik St. Petrus dan Paulus, Argapura, Jayapura, Rabu (7/3).

Direktur Eksekutif YPKM (Yayasan Pengembangan Kesehatan Masyarakat) Drs. TG Butarbutar, M.Kes mengatakan, epidemi HIV-AIDS di Papua merupakan tantangan serius bagi masyarakat Papua, sehingga perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat dan khususnya bagi para Pekerja Seks Komersial (PSK). Ia menilai, para PSK ini sangat berisiko untuk terjangkit maupun menyebarkan HIV-AIDS di Papua khususnya di Kota Jayapura.

“Perlu ada pelatihan dan sosialisasi kepada para PSK, sehingga mereka bisa mengetahui dan memahami resiko-resiko dan sekaligus mengurangi penyakit kelamin dan penularan IMS, HIV-AIDS di Papua,”ujarnya dalam kegiatan pelatihan Negosiasi Kondom Bagi PSK tentang HIV-AIDS dan Kespro di Kota Jayapura di Aula Gereja Katolik St. Petrus dan Paulus, Argapura, Jayapura, kemarin.

Pelatihan ini diikuti 15 peserta dan akan berlangsung selama 3 hari. ”Dengan adanya kegiatan pelatihan keterampilan negosiasi kondom bagi PSK ini, mereka boleh mempraktekannya saat melayani pelanggan maupun pacarnya,”tandasnya. Ia berharap pada saat eksen di lapangan bisa ada perubahan perilaku dan dapat menguarangi resiko bagi PSK dan pelanggan.

Dia juga berharap peserta yang mengikuti pelatihan ini, nantinya langsung turun dan menyalurkan informasi ini kepada teman-teman sebaya (PSK) lainya. Ia menilai, para PSK ini perlu dilindungi karena mereka adalah bagian dari anggota masyarakat.(cr-177/tho)

Sumber: http://www.cenderawasihpos.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6186