Tekan HIV-AIDS Dinkes Siapkan Klinik VCT di 5 Puskemas
Tanggal: Thursday, 08 March 2012
Topik: HIV/AIDS


Cenderawasih Pos, 08 Maret 2012

WAMENA - Meningkatnya jumlah penderita HIV-AIDS di Kabupaten Jayawijaya sesuai dengan data Kasus HIV/AIDS Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayawijaya per 31 Desember 2011 yang kasus HIV-AIDS telah mencapai 1479 kasus dan mengakibatkan 160 orang meningga. Guna mengendalikan dan menekan kasus HIV-AIDS itu, pada tahun anggaran ini akan dibangun ruang klinik VCT di 5 Puskemas di Kabupaten Jayawijaya.

Lima Puskesmas yang akan dibangun ruang kinik (Voluntary Consulting Test) VCT beserta sarana dan prasarana pemeriksaan HIV-AIDS adalah Puskesmas Asolokobal, Puskesmas Walagama, Puskesmas Asologaiman, Puskesmas Kurulu dan Puskesmas Bolakme. Apabila telah di bangun 5 klinik VCT ini, maka jumlah klinik VTC yang ada di Kabupaten Jayawijaya sebanyak 8 klinik VCT dari 3 klinik VCT yang telah di siapkan terlebih dahulu di RSUD Wamena, Puskesmas Wamena Kota dan klinik Kalfari.

Hal itu sebagaimana dikatakan Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Jayawijaya, Agustinus Aronggear saat di temui Cenderawasih Pos di ruang kerjanya, Rabu (7/3).

Menurut Aronggear, dengan adanya klinik VTC ini bisa menjadi media untuk mendeteksi kasus HIV/AIDS yang hingga saat ini belum teridentifikasi. Warga masyarakat di harapkan juga jangan takut atau malu melakukan pemeriksaan di klinik VCT, karena jika masyarakat secara aktif sukarela melakukan pemeriksaan di klinik VCT maka secara langsung masyarakat telah memerangi dan mengendalikan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Jayawijaya. (ben/nan)

Sumber: http://www.cenderawasihpos.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6187