Wanita Pekerja Seks Dilatih Keterampilan
Tanggal: Friday, 16 March 2012
Topik: Narkoba


Harian Equator, 15 Maret 2012

Ketapang - Untuk kesekian kalinya Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Ketapang menggelar pertemuan pendidik sebaya bagi Wanita Pekerja Seks (WPS), Rabu (14/3) di Kafe BJ Sentap. Mereka diberikan pelatihan keterampilan membuat kerajinan.

Pengelola Program (PP) KPA Ketapang Zulfahmi mengharapkan melalui program pendidik sebaya bisa bermanfaat, baik untuk meningkatkan kapasitas. Selain itu melalui pendidik sebaya di kalangan WPS bisa berperan aktif dan kreatif menginformasikan HIV/AIDS terutama di lingkungan sekitar.

“Pertemuan pendidik sebaya kali ini diarahkan kepada peningkatan kecakapan hidup membuat media KIE dari barang bekas. Dengan harapan selain menambah keterampilan juga mempromosikan pesan HIV/AIDS melalui media KIE yang mereka buat,” ujar Fahmi di sela-sela pertemuan pendidik sebaya di Kafe BJ Sentap Ketapang.

Sebanyak 35 WPS mengikuti kegiatan ini tampak sangat antusias. Ini terlihat dari puluhan kerajinan yang dihasilkan, antara lain kerajinan membuat asbak rokok, tempat tisu, tempat menyimpan aksesori, dan lainnya. Sebelumnya, para WPS juga mendapatkan materi pelatihan membuat keterampilan dari Mahadi.

Dalam kesempatan itu, Mahadi menjelaskan membuat barang kerajinan adalah membuat suatu kreasi sendiri. “Untuk mendapatkan hasil bagus dituntut kreativitas dari diri sendiri,” tuturnya.

Mahadi juga menjelaskan tentang alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat keterampilan. “Barang-barang yang dibutuhkan antara lain serbuk gergaji, daun kering, kulit kayu, pasir, bahan pabrikan. Sedangkan alat-alat yang digunakan, di antaranya gunting, pisau, kuas, lem, karton, bahan pembantu seperi kerang, biji kering, dan daun kering,” rincinya.

Pertemuan ditutup dengan penyampaian materi tentang Infeksi Menular Seksual (IMS). (KiA)

Sumber: http://www.equator-news.com

 





[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6237