Dikeluhkan, Polisi Sering Lakukan Penilangan
Tanggal: Friday, 16 March 2012
Topik: Narkoba


Suaramerdeka.com, 16 Maret 2012

BATANG - Seringnya operasi lalu lintas yang digelar Polres Batang dikeluhkan masyarakat. Mereka menganggap penilangan yang dilakukan polisi telah meresahkan sebab terlalu banyak dilakukan pada pengguna jalan.

''Polisi sering melakukan tilang pada masyarakat. Tolong pada polisi untuk tidak banyak melakukan penilangan,'' ujar Amir Hamzah, salah seorang warga dalam acara Tatap Muka Masyarakat dengan Muspida, di Pendopo Kabupaten, Kamis (15/3). Acara ini dihadiri Bupati Yoyok Riyo Sudibyo, unsur Muspida serta tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai elemen.

Amir yang juga aktivis FPI Kabupaten Batang ini menyatakan, keluhan banyaknya penilangan ada di masyarakat. Karena itu dirinya berharap, proses ini tidak terlalu sering dilakukan lagi.

Dia juga meminta ada penanganan tegas dari aparat keamanan untuk mengatasi peredaran miras, perjudian dan prostitusi di Batang. Sebab jika tidak ditangani serius maka ketiga hal tersebut bisa mengganggu keamanan daerah. Amir juga menyatakan prihatinannya dengan penyebaran penyakit HIV/AIDS yang kini terjadi di Batang.

Kabag Ops Polres Batang Kompol M Ariawan SH yang hadir dalam acara tersebut menyatakan, kegiatan operasi lalu lintas di jalan sebenarnya sudah banyak dikurangi. Banyaknya tilang, kata dia, menunjukan banyak masyarakat yang melakukan pelanggaran. Namun dia menegaskan, penilangan dilakukan pada pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Terutama pengendara yang ugal-ugalan dan mengebut di jalan.

''Sementara yang tidak ada potensi menyebabkan kecelakaan tidak kita tilang. Kalau hanya tidak pakai helm dan SIM diingatkan saja,'' tuturnya.

Dia mengatakan, polisi berusaha melakukan pembinaan jika ada pelanggaran lalu lintas oleh masyarakat. Dirinya berharap, masyarakat juga benar-benar bisa mematuhi aturan ketika mengendarai kendaraan. Ditegaskan juga, dalam proses penilangan, polisi tidak akan meminta uang pada masyarakat. Namun jika ada oknum polisi yang meminta uang, dirinya ingin polisi tersebut dilaporkan ke kantor.

''Silahkan laporkan dan oknum tersebut bisa ditindak,'' tegasnya.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6239