Siswa Pengidap HIV di Sekolah Tanzania Harus Pakai Pita Merah
Tanggal: Friday, 16 March 2012
Topik: HIV/AIDS


DetikNews, 16 Maret 2012

Kibaha, Tanzania, Sekitar 5 persen dari populasi di Tanzania hidup dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus). Karena banyaknya jumlah pengidap HIV, setidaknya 7 sekolah di Tanzania mengharuskan siswanya untuk menggunakan seragam berpita metah bila ia membawa virus HIV di tubuhnya.

Sebuah kampanye di Tanzania telah mengkritik beberapa sekolah yang membuat peraturan bahwa siswa pengidap HIV positif harus mengenakan pita merah di seragamnya.

Setidaknya ada 7 sekolah di wilayah distrik Kibaha, Tanzania, yang menerapkan sistem pita tersebut.

"Mereka hanya melakukan itu karena mereka ingin mengidentifikasi siswa-siswa yang HIV positif," jelas Jane Tibihita, koordinator Upendo Partnership, sebuah kelompok kampanye lokal, seperti dilansir BBC News, Jumat (16/3/2012).

Mohammed Lukema, Kepala Sekolah dari Kibaha Primary School menuturkan ia hanya menjalankan keinginan orangtua, yaitu menginginkan murid yang mengenakan pita merah dibebaskan dari segala tugas sekolah yang berat, seperti menyapu halaman dan mengambil air.

"Di sekolah kami ada banyak siswa yang memiliki berbagai penyakit. Sekolah dan masyarakat telah memutuskan untuk memberi label pada seragam siswa. Di sekolah, kami memberi label merah pada kerah baju murid untuk mengidentifikasi mereka," jelas Mohammed Lukema.

Namun Rebecca Mshumbusi, Ketua Kibaha Association of People Living with HIV/AIDS, mengatakan tidak etis bila mengungkapkan status kesehatan seseorang di depan umum.

Menurutnya, informasi penyakit seseorang bersifat rahasia kecuali jika seseorang tersebut memutuskan untuk berbagi dengan orang lain.

"Ada hukum yang dapat menghukum orang yang memberitahu status kesehatan orang lain," tegas Rebecca Mshumbusi.

Stigmatisasi HIV seperti itu dikatakan dapat melawan hukum, dengan hukuman sampai 3 tahun penjara. Namun hingga saat ini, Menteri Kesehatan Tanzania tidak bisa berkomentar sampai kasus ini benar-benar diselidiki.

Menurut UNAIDS, sekitar 5 persen dari populasi atau 1,4 juta orang di negara Afrika Timur itu telah hidup dengan HIV.

(mer/ir)

Sumber: http://health.detik.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6242