Keluarga Enggan Urus Jenazah Penderita AIDS
Tanggal: Monday, 19 March 2012
Topik: Narkoba


TRIBUNNEWS.COM, 17 Maret 2012

MAUMERE - Seorang ibu muda berinisial MLP diduga meninggal karena menderita HIV/AIDS. MLP menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. TC. Hillers Maumere, Kabupaten Sikka, NTT Jumat pagi (16/3/2012).

Jenazah perempuan asal Urung Pigang Kelurahan Wailiti Kecamatan Alok Barat ini enggan diurus keluarganya sehingga terkesan terlantar di ruang Instalasi Pemulazaran Jenazah (IPJ) RSUD Hillers Maumere. Jenazah MLP akhirnya diurus Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Sikka dan kerabatnya yang pernah tinggal di rumah kosnya di Waioti.

MLP memiliki keluarga yang berdomisili di Urung Pigang dan Kecamatan Nita. Sejak menderita penyakit 'aneh' MLP memilih tinggal kos di Kelurahan Waioti.

Informasi yang dihimpun di RSUD TC Hillers, Jumat (16/3/2012) siang, MLP masuk rumah sakit pada tanggal 12 Maret 2012. Ia dirawat di ruangan isolasi yang ada di bangsal Mawar. Selama di rumah sakit, MLP dijaga keluarga pemilik kos. Sesekali ia dikunjungi keluarganya.

Saat diinformasikan bahwa MLP telah meninggal, keluarganya enggan mengurusi jenazahnya untuk dimakamkan.

"Kami sudah telepon keluarga tapi mereka tidak angkat HP. Kami minta mereka ke sini (RSU) tapi belum ada jawaban. Korban punya keluarga di Urung Pigang dan Nita. Kalau mereka keberatan urus kami mau urus sehingga jasadnya bisa dimakamkan secara baik. Kasihan ibu ini," kata seorang perempuan yang mengaku keluarga pemilik kos tempat MLP tinggal di Waioti.

Siang itu, di RSUD Maumere ada pengurus KPAD Sikka yang menfasilitasi dan membantu agar jenazah korban dibawa ke rumah duka. Namun hingga pukul 11.30 WITA belum ada keluarga yang datang.

Petugas IPJ kebingungan sehingga belum bisa memandikan jenazah karena menunggu kehadiran anggora keluarga MLP untuk menandatangani administrasi.

Setelah KPAD berkoordinasi barulah keluarga MLP datang di RSU Maumere. MLP dimakamkan sore harinya di Urun Pigang.

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6246