Penderita HIV di Batang Tersebar di 15 Kecamatan
Tanggal: Monday, 19 March 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 19 Maret 2012

BATANG - Penyebaran penyakit HIV di Batang sudah sangat mengkhawatirkan. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) menyebutkan, saat ini penderita HIV sudah ada di seluruh kecamatan. Jika tidak ada penanganan serius dari berbagai pihak, kondisi ini bisa menjadi ancaman di masa depan.

''Saat ini tidak ada lagi kecamatan yang bebas penderita HIV. Dari 15 kecamatan, seluruhnya sudah ada penderita HIV,'' ujar Kepala Dinkes Batang, dr Muchlasin MKes.

Dia mengatakan, situasi ini berbahaya. Apalagi jika penyakit HIV yang ada pada penderita sudah menjadi AIDS. Dari data yang ada, sejak 2007-2011, sudah ditemukan 101 penderita HIV/AIDS di seluruh Batang.

Sedangkan kasus HIV/AIDS berdasarkan asal penderita, maka 68 penderita merupakan penduduk Batang dan 56 berasal dari luar daerah. Dari jumlah tersebut, terdiri dari 102 penderita perempuan dan 22 orang berasal dari penderita laki-laki. ''Ini fenomena gunung es. Di lapangan sebenarnya lebih banyak,'' katanya.

Data Dinkes juga menyebutkan, khusus selama 2011, ditemukan 46 penderita HIV/AIDS. Terdiri dari 29 penderita perempuan dan 17 penderita laki-laki. Dari 46 penderita tersebut, 28 orang terkena HIV, 18 sudah termasuk kategori AIDS, dan 8 orang telah meninggal.

Penemuan kasus HIV saat ini meningkat, kata Muchlasin, karena pelayanan kesehatan pada kelompok resiko tinggi semakin baik. Selain itu sarana untuk test HIV juga semakin dekat dengan masyarakat, melalui klinik Volluntary Conseling and Testing (VCT), Care, Support and Treatment (CST), dan Prevention of Mother To Child Transmission of HIV (PMTCT).

Dijelaskan, banyaknya temuan HIV/AIDS tidak lepas dari perilaku seks tidak sehat yang masih terjadi. Termasuk minimnya penggunaan kondom di berbagai lokalisasi yang ada di Batang. Saat ini saja, tercatat ada sekitar 11 titik sebaran populasi wanita pekerja seks (WPS). Jika dihitung, di 2011 jumlah WPS di Batang mencapai 347 orang.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6256