16 Dirawat, 2 Penderita HIV/AIDS di Dumai Tewas
Tanggal: Wednesday, 21 March 2012
Topik: HIV/AIDS


Virus HIV/AIDS terus mengganas di Dumai. Saat ini ada 16 penderita dirawat, sementara dua lainnya tak terselamatkan jiwannya. Tewas!

Riauterkini, 20 Maret 2012

DUMAI - Selama 2012 ini korban meninggal dunia akibat menderita HIV/AIDS di Kota Dumai menjadi dua orang dan enam belas lainya menjadi pasien tetap Rumah Sakit Umum (RSUD) Kota Dumai. Demikian disampaikan Direktur RSUD Dumai, dr Syaiful kepada riauterkini.com, Selasa (20/3/12) di ruang kerjanya.

“Selama 2012 ini rumah sakit kembali menangani dua orang penderita HIV/AIDS (ODHA) yang meninggal dunia. Dan selain meninggal dunia, kami juga memiliki pasien tetap sebanyak 16 orang. Nyawanya sudah tidak bisa tertolong lagi oleh petugas medis karena kondisi fisik sudah memburuk. Saat korban masuk perawatan kami, kondisinya sudah sangat memburuk dan lemah yang disebabkan menurunnya kekebalan tubuh," ungkapnya.

Sesudah dirawat intensif selama satu hari di rumah sakit, lanjutnya, nyawa korban yang positif HIV/AIDS ini sudah tidak tertolong lagi. Ia menjelaskan, kondisi memburuknya kondisi pasien karena fisiknya tak bisa lagi kebal dengan masuknya beragam penyakit lain. Sebenarnya, kata dia, lemahnya kekebalan tubuh yang diderita korban inilah yang mengakibatkan penyakit lain datang dan menyerangnya. Penyakit-penyakit itu sebenarnya ringan, atau bisa disembuhkan.

“Tetapi hal itu malah yang menjadikan dia semakin parah dan akhirnya memicu kematian, karena kekebalan tubuhnya hilang. Dari informasi yang kami peroleh, korban sebelumnya memiliki istri yang telah juga telah meninggal terlebih dahulu akibat penyakit sejenis. Dengan meninggalnya ODHA ini, telah menambah daftar panjang korban mati akibat virus HIV/AIDS di kota pelabuhan berpenduduk 270 ribu jiwa ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Marjoko Santoso, ketika dikonfirmasi, mengaku mengetahui kejadian terakhir ini. Namun disebutkannya, di tahun 2011 lalu, terdapat 126 orang yang terjangkit HIV/AIDS dan untuk saat ini pihaknya belum mengetahui perkembangan terakhir berapa pertambahan jumlah penderita HIV/AIDS. Namun yang jelas pihaknya akan melakukan kordinasi dengan unit kesehatan yang ada di Kota Dumai, baik itu RSUD dan Pukesmas yang memiliki layanan VTC.***(had)

Sumber: http://www.riauterkini.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6266