Sekitar 4 Persen dari 500 Penderita Virus HIV/AIDS adalah Perangkat Desa
Tanggal: Wednesday, 21 March 2012
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 21 Maret 2012

KENDAL - Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Aisiyah Kendal, dari 500 penderita virus HIV/AIDS yang ada di Kabupaten Kendal, sekitar 4 persen diantaranya adalah perangkat desa di Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Hal itu dikatakan oleh Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti, di acara deklarasi Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Kendal di Gedung Olahraga (GOR) Bahurekso Kendal, Selasa (20/3/2012).

Untuk itu, kata Widya, perangkat desa di Kendal harus bisa menghentikan kebiasaan buruknya, baik dalam hal bergonta ganti pasangan atau menggunakan narkoba. Sebab dua hal itu adalah penyebab menularnya virus HIV/AIDS.

"Untuk itu, perangkat desa di Kendal jangan suka dan menghentikan kebiasaan 'jajan'," kata Widya, yang menambahkan bahwa jumlah perangkat desa yang baik di Kabupaten Kendal ini memang lebih banyak, tetapi oknumnya bisa membuat citra perangkat desa yang tergabung dalam PPDI jadi jelek semuanya.

Sementara itu, ketua PPDI Kabupaten Kendal, Chumaidi, mengaku belum mempercayai survei tersebut. Namun demikian, dirinya akan mengambil positifnya.

"Meskipun secara pribadi saya tidak percaya dengan adanya survei tersebut, namun itu sebuah masukan bagus untuk jadi introspeksi diri," kata Chumaidi.

Chumaidi menjelaskan, jumlah perangkat desa di Kabupaten Kendal ada sekitar empat ribuan. Sampai saat ini, yang sudah masuk menjadi anggota PPDI baru sekitar 3.400.

"Ada kode etik yang mengatur keanggotaan perangkat desa di dalam organisasi kami. Apabila ada perangkat desa yang berbuat tidak baik, maka pihaknya akan memberi sanksi sesuai perbuatannya. Sanksi terberat adalah pemecatan," tambahnya.

Sumber: http://regional.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6270