Sekeluarga Terjangkit AIDS
Tanggal: Thursday, 22 March 2012
Topik: Narkoba


Harian Equator, 21 Maret 2012

Ngabang - Kondisi tragis dialami satu keluarga di Desa Sejuek, Kecamatan Kuala Behe, Kabupaten Landak. Hz, 26, meninggal dunia akibat terkena HIV/AIDS. Istri dan anak bungsunya yang berusia 1,9 tahun turut terjangkit penyakit mematikan itu.

“Awalnya ketika Almarhum Hz masih hidup pernah berobat di RS Serukam. Di rumah sakit tersebut terdeteksi penyakit mematikan itu,” kata drg M Nurayni Sitinjak, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak kepada Equator, Selasa (20/3) di kantornya.

Menurut Nurayni, dari pengakuan Hz sebelum meninggal dua bulan lalu kepada kepala Puskemas Kuala Behe, dirinya mendapatkan penyakit itu diperkirakan dari dua lokasi, Kabupaten Sambas dan Ngabang.

Istri dan anak bungsu almarhum saat ini sudah dirujuk ke RSUD dr Soedarso Pontianak untuk dirawat. “Penyakit itu baru bisa terdeteksi sekitar lima sampai 10 tahun kemudian. Akhirnya istri dan anak bungsunya ikut tertular,” terang Nurayni.

Almarhum Hz, kata dia, bersama istrinya memiliki dua orang anak, anak sulungnya baru berumur 5 tahun tidak tertular. Sedangkan anak bungsunya yang baru berumur 1,9 tahun kini sudah terjangkit berikut istrinya.

Dalam hal penanganan dan pencegahan HIV/AIDS, Nurayni mengaku pihaknya sudah beberapa kali melakukan sosialisasi di tempat-tempat hiburan malam dan hotel di mana para pekerja seks komersial (PSK) beroperasi.

Namun, lanjutnya, imbauan itu selalu dianggap angin lalu. Masyarakat semua kalangan diharapkan dapat menjaga hal-hal seperti terjadi di dalam keluarga. Anak yang tidak berdosa bisa ikut menanggung akibatnya.

“Jauhi perbuatan yang negatif karena virus itu tidak terlihat apabila tidak dicek melalui medis. Kita bisa lihat orang sehat, tetapi kita tidak tahu kalau yang bersangkutan terkena penyakit yang belum ada obatnya itu,” kata Nurayni. (tar)

Sumber: http://www.equator-news.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6273