Wagub NTT Tegur Empat Kabupaten Yang Tak Miliki KPA
Tanggal: Thursday, 22 March 2012
Topik: Narkoba


Suara Pembaruan, 22 Maret 2012

[KUPANG] Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT) Esthon L Foenay menegur empat Kabupaten yang saat ini belum memiliki Komisi Penanggulangan AIDS (KPA).

Sebab hadirnya KPA sangat diperlukan di daerah untuk menangani berbagai kasus HIV/AIDS secara komprehensif.

Wakil Gubernur NTT, Esthon L Foenay, yang juga sebagai Ketua Pelaksana Harian KPA Provinsi NTT, kepada SP di Kupang, Kamis (22/3) pagi, mengatakan, untuk menekan penyebaran kasus HIV/AIDS di NTT, perlu koordinasi dan peningkatan kualitas layanan kesehatan.

Karena itu, semua kabupaten wajib memiliki KPA. Kabupaten yang saat ini belum memiliki KPA adalah Kabupaten Manggarai Timur, Sabu Raijua, Rote Ndao, dan Kabupaten Sumba Tengah.

Empat kabupaten tersebut mendapat teguran dari wakil Gubernur NTT untuk segera membentuk KPA dalam waktu ini.

Sebab NTT saat ini sangat dikhawatirkan setiap saat ada terjadi kasus kematian karena AIDS. Sementara itu, Sekretaris KPA NTT, dr Husein mengakui, selama ini ada beberapa kabupaten yang perlu mendapat perhatian secara serius terkait persoalan penanganan HIV/AIDS, yaitu di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan Kabupaten Belu.

Kedua wilayah ini merupakan daerah perbatasan langsung dengan Timor Leste, yang tercatat angka terinveksi virus tersebut paling besar dan akan menular ke daerah lainnya di NTT. [YOS/L-8]

Sumber: http://www.suarapembaruan.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6279