Jagoan AS Bakal Keliling Dunia Cari Dukungan
Tanggal: Saturday, 24 March 2012
Topik: Narkoba


INILAH.COM, 24 Maret 2012

Washington - AS menjagokan dokter asal Korea sebagai calon presiden Bank Dunia, menggantikan Robert Zoellick yang akan mundur pada Juni nanti.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih yang digelar kemarin (23/3/2012), Presiden AS Barack Obama mengumumkan Jim Yong Kim sebagai calon Washington, seorang dokter yang telah bekerja selama puluhan tahun dalam isu-isu kesehatan global.

Pilihan yang jatuh pada Kim, menandai gebrakan dari kebiasaan Washington yang selama ini mencalonkan politisi atau pelaku pasar modal asal Wall Street.

Kim yang berumur 52 tahun merupakan seorang dokter lulusan Harvard sekaligus antropolog adalah mantan direktur departemen HIV/AIDS di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ia menjadi presiden perguruan tinggi Ivy League Dartmouth, New Hampshire, pada Juli 2009.

"Sudah waktunya untuk pengembangan profesional untuk memimpin badan pembangunan terbesar di dunia," ungkap Obama dalam konferensi pers di Gedung Putih, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (24/3/2012).

"Jim telah menghabiskan lebih dari dua dekade bekerja untuk memperbaiki kondisi di negara-negara berkembang di seluruh dunia. Saya percaya bahwa tidak ada orang yang lebih berkualitas untuk melaksanakan misi kesehatan lebih dari Dokter Jim Kim," paparnya. Pencalonan AS ini membuat Kim menjadi jagoan instan untuk menggantikan posisi Zoellick.

Menurut seorang pejabat Departemen Keuangan AS, Kim akan bepergian ke luar negeri dalam beberapa minggu mendatang, mencari dukungan untuk pencalonannya.

Perancis, sebagai salah satu pemegang saham terbesar di Bank Dunia, telah memberikan dukungannya untuk Kim. "Prinsipnya adalah bahwa ada 'jagoan' Amerika Serikat di Bank Dunia dan Eropa di IMF. Tidak ada alasan pada saat ini untuk mengubah itu," ungkap Menteri Luar Negeri Prancis Alain Juppe.

Sementara Okonjo-Iweala, yang secara luas dihormati karena pengalamannya di Bank Dunia pada masa lalu, bisa menjadi tantangan yang cukup kuat bagi Kim.

"Saya menganggap Bank Dunia merupakan institusi yang sangat penting bagi dunia dan khususnya untuk negara berkembang, patut diganjar dengan kepemimpinan terbaik," ujar Okonjo.

"Jadi saya berharap suatu kontes calon yang kuat, dan saya yakin sepenuhnya," tambahnya.

Ekonom ternama Jeffrey Sachs, yang sebelumnya mencalonkan dirinya sendiri untuk calon presiden Bank Dunia, mengundurkan diri kemarin usai Kim dinominasikan. "Jim Kim adalah seorang calon yang luar biasa untuk WB (Bank Dunia)," ungkap Sachs dalam akun twitter-nya.

"Saya mendukungnya 100 persen, saya berterima kasih kepada semua yang mendukung saya dan tahu bahwa mereka akan sangat senang dengan berita hari ini (kemarin)," pungkasnya.

Sumber: http://ekonomi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6291