AS Yakin Jim Yong Kim Raih Dukungan
Tanggal: Monday, 26 March 2012
Topik: Narkoba


okezone.com, 26 Maret 2012

WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) optimistis, Jim Yong Kim, calon yang dipilih Presiden Barack Obama untuk menduduki Presiden Bank Dunia, akan mendapat dukungan dunia internasional.

Menteri Keuangan AS Timothy Geithner mengatakan, calon AS untuk memimpin Bank Dunia itu akan meraih dukungan luas dibandingkan kandidat dari negara berkembang. ”Presiden Obama mencari kandidat yang mampu memimpin dan mendapat dukungan luas di seluruh dunia. Hal tersebut sangat penting karena kami tidak membuat keputusan ini sendiri, ”ujarnya dalam wawancara seperti dikutip Reuters, Sabtu (24/3/2012) waktu setempat.

Dia menambahkan, Pemerintah AS yakin dunia akan terkesan dengan Kim karena pria lulusan Universitas Harvard tersebut memiliki keterampilan yang meyakinkan untuk memimpin Bank Dunia. Kim yang merupakan Presiden Dartmouth College dan seorang dokter keturunan Korea berkewarganegaraan AS tersebut dikenal di kalangan ahli pengembangan untuk karyanya dalam memerangi penyakit HIV/AIDS,kemiskinan,dan menyelamatkan hidup di seluruh dunia.

Seperti diketahui, saat ini posisi Presiden Bank Dunia tengah diperebutkan untuk kali pertama oleh kandidat dari negara berkembang. Beberapa kandidat dari negara berkembang di antaranya profesor di Columbia University, New York, Jose Antonio Ocampo dan Menteri Koordinator Perekonomian Nigeria Ngozi Okonjo- Iweala.Keduanya akan menantang Kim dalam pemilihan calon orang nomor satu di Bank Dunia.

Sebelumnya negara berkembang seperti China, India, Afrika Selatan, Brasil, dan Rusia telah berusaha untuk menggunakan pengaruh pertumbuhan ekonominya guna menghentikan perjanjian tidak tertulis antara AS dan Eropa.”Perjanjian” itu menyebutkan tentang kepemimpinan Bank Dunia oleh orang AS dan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) oleh orang Eropa.

Menanggapi munculnya kandidat dari negara berkembang, Geithner mengungkapkan, hal tersebut bukan lagi sebuah kejutan bahwa negara lain telah menyerukan adanya proses terbuka dan transparan untuk memilih orang nomor satu di Bank Dunia dan IMF.

"AS memperkirakan hal itu akan terjadi dan yakin bahwa proses keterbukaan tersebut menyehatkan kondisi lembaga secara keseluruhan. Saya pribadi sangat yakin Kim akan memenangkan dukungan yang luas," paparnya.

Para pejabat AS mengakui, dengan menyerahkan posisi Presiden Bank Dunia kepada negara berkembang akan menyulitkan Gedung Putih mendapatkan pendanaan dari Kongres untuk pemberian pinjaman global,terutama kekhawatiran anggota Parlemen AS mengenai naiknya defisit anggaran. Sekadar informasi, saat ini Paman Sam tidak sedang memimpin lembaga-lembaga internasional.

Sementara, pejabat AS mengungkapkan, dalam beberapa pekan mendatang Kim akan mengunjungi negaranegara di Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Kunjungan Kim ke beberapa negara tersebut guna meyakinkan bahwa dia adalah kandidat terbaik untuk memimpin Bank Dunia. Menanggapi pencalonan Kim oleh AS, beberapa ahli pengembangan mengungkapkan, Kim tidak memiliki kepercayaan dari ekonomi dan keterampilan diplomatik dibandingkan saingannya.

”Okonjo-Iweala dan Ocampo mempunyai keahlian dalam isu hambatan pembangunan di negara berkembang, termasuk pasokan listrik dan isu-isu pemerintahan,” imbuh para ahli. Namun, Geithner mengatakan, Kim memiliki kemampuan luar biasa yang diperlukan dalam pembangunan.

"Pengalamannya berasal dari apa yang telah dia lakukan di lapangan, bukan hanya dari penelitian akademik,”paparnya. (chindya citra) (Koran SI/Koran SI/wdi)

Sumber: http://economy.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6303