HIV/Aids Ancam Generasi Muda
Tanggal: Tuesday, 03 April 2012
Topik: HIV/AIDS


TubasMedia.Com, 31 Maret 2012

BANYUMAS – Pelaku penyalahgunaan narkoba dan seks bebas, sangat rentan terserang virus HIV/Aids. Dibutuhkan penanganan serius untuk mengantisipasi penyebaran virus yang mematikan ini. Puluhan ibu-ibu PKK beserta ratusan remaja terdiri dari anggota Karang Taruna dan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja, menyimak ceramah dan diskusi mengenai penyalahgunaan narkoba dan pencegahan HIV/Aids bagi remaja,yang diselenggarakan Tim Penggerak PKK Desa Karangsalam,di Balai Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, baru-baru ini.

Penyalahgunaan narkoba dan perilaku seks bebas yang rentan terhadap penularan dan penyebaran virus mematikan HIV/Aids, hingga kini belum ditemukan formula penyembuhannya pada generasi muda.

Iptu Paulus Haryadi (Kaur Bin Ops Sat Binmas Polres Banyumas) selaku narasumber menyatakan, pihaknya akan menindak tegas para oknum yang berkecimpung di dunia hitam narkoba. “Pengguna narkoba apabila sudah masuk fase ketergantungan, mereka akan terus memakai dengan berbagai macam upaya. Bahkan, bisa saja dia akan mencuri agar bisa mendapatkan uang untuk membeli narkoba ini,”paparnya.

Ciri-ciri pengguna narkoba, menurut Paulus, sesungguhnya tidak terlalu kelihatan. Pada saat sakawlah (setelah menggunakan narkoba) baru akan tampak seseorang sebagai pengguna narkoba.Dari keseluruhan kasus penanganan narkoba di wilayah hukum Polres Banyumas, tercatat kasus yang menimpa usia muda menempati posisi puncak.Hal ini merupakan permasalahan bangsa yang harus ditangani bersama.

Pada kesempatan yang sama, Bidan Evi Haryanti dari Puskesmas II Baturraden selaku narasumber menegaskan kepada para remaja, agar tidak melakukan hubungan seks sebelum nikah dan mengimbau tidak menikah pada usia dini, karena dapat merusak organ reproduksi.Dengan demikian,akan terhindar dari HIV/Aids.

Ketua Karang Taruna Baturraden, Parsito dalam sambutanya memberikan apresiasi atas kepedulian, keprihatinan dan kegelisahan ibu-ibu PKK terhadap maraknya penggunaan narkoba dan penyakit HIV/Aids. Parsito mengajak agar setiap remaja tidak mencoba menggunakan narkoba serta melakukan seks bebas, karena besarnya dampak yang dapat ditimbulkan.(christoper)

Sumber: http://www.tubasmedia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6329