Perlakukanlah ODHA secara manusiawi
Tanggal: Tuesday, 03 April 2012
Topik: Narkoba


ANTARA News, 31 Maret 2012

Padang - Masyarakat seharusnya memperlakukan setiap orang dengan HIV-Aids (ODHA) secara adil dan manusiawi sebagai peran masyarakat dalam penanggulangan penyakit tersebut.

Keharusan peran masyarakat tersebut menjadi bagian dalam Rancangan Peraturan Daerah Penanggulangan HIV/Aids yang segera disahkan dan diberlakukan di Sumatera Barat, kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, di Padang, Sabtu.

Ranperda itu telah memasuki pembahasan akhir di Komisi IV Bidang kesejahteraan Rakyat DPRD Sumbar dan tinggal memberikan masukan serta penyempurnakan untuk selanjutnya disahkan legislatif.

Ia menyebutkan, peran masyarakat melalui perlakukan secara adil dan manusia terhadap Odha diatur pada pasal 29 dan 30 Ranperda Penanggulangan HIV/AIDS tersebut.

Menurut dia, masyarakat selaku pelaku utama dalam penanggulangan HIV/AIDS harus proaktif membangun kerjasama dengan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota serta sektor terkait dalam penanggulangan HIV/AIDS.

Ia menjelaskan, masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk berperan serta dalam kegiatan penanggulangan HIV/AIDS di daerahnya masing-masing melalui enam peran yang dapat dilakukan.

Kemudian, melibatkan ODHA sebagai anggota kelompok dukungan sebaya dan terlibat dalam kegiatan promotif, preventif, kerahasiaan, pengobatan serta perawaran dan dukungan, tambahnya.

Ia mengatakan, peran serta masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS melalui pembinaan dan digerakan pemerintah daerah.

Berdasarkan data, kasus HIV di Sumbar pertama kali didiagnosis pada 1992 dan kasus AIDS pada 1999 serta sejak itu setiap tahun kasusnya selalu meningkat dan ditemukan kasus-kasus baru.

Pada 2000 kasus HIV di Sumbar yang ditemukan sebanyak 9 orang dan Aids pada 2004 sebanyak enam orang. tahun 2006 kasus HIV di Sumbar tercacat 24 orang dan AIDS 47 orang.

Data terbaru menyebutkan, hingga akhir 2011 telah ditemukan sebanyak 871 kasus, dimana yang terinfeksi HIV sebanyak 40 orang dan 682 terkena Aids.

Sumber: http://www.antaranews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6330