Melancarkan Haid
Tanggal: Tuesday, 03 April 2012
Topik: Narkoba


FAJAR, 31 Maret 2012

MAKASSAR -- Metode pengobatan kini mulai bergeser ke alternatif nonmedis. Salah satunya melalui jintan hitam untuk mengobati penyakit, mulai flu hingga kanker atau HIV-AIDS. Sampai muncul ungkapan, hanya satu yang tak bisa diobati jintan hitam, yaitu kematian.

Selain jintan hitam, juga ada jintan putih yang sering digunakan masyarakat dalam pengobatan. Jintan putih dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim sejuk, seperti di daerah India utara dekat kaki pegunungan Himalaya. Di Indonesia, meskipun dapat tumbuh, tetapi pada umumnya kurang baik.

Jintan putih mempunyai batang kayu. Daunnya bersusun melingkar dan bertumpuk. Daun jintan putih mempunyai pelepah daun seperti ranting-ranting kecil. Bentuk daun jintan putih tidak berwujud lembaran, tetapi lebih mirip benang-benang kaku dan pendek.

Warna dominan tumbuhan ini hijau dan bunganya berukuran kecil berwarna kuning tua ditopang oleh tangkai yang agak panjang. Peter Gabrile kepada FAJAR beberapa waktu lalu mengungkapkan, jintan putih memiliki aroma yang harum dan segar. Jintan putih berguna untuk melancarkan haid, susah tidur dan untuk penyakit jantung.

"Kandungan minyak atsiri biji jintan putih dipercaya memiliki kemampuan sebagai senyawa antimikroba terhadap bakteri patogen penyebab kerusakan tanaman dan terhadap bakteri," kata Peter. (ulf/bas)

Sumber: http://www.fajar.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6332