Gubernur Ajak Jajaran Mabida Jambi Majukan Pramuka
Tanggal: Tuesday, 03 April 2012
Topik: Narkoba


KabarIndonesia, 03 April 2012

Jambi, Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA), selaku Ketua Majelis Pembimbing (Kamabida) Gerakan Pramuka Jambi, mengajak jajaran Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Parmuka Jambi, memajukan Pramuka, hal ini disampaikan Gubernur, Sabtu malam (31/3/2012), bertempat di auditorium Gubernuran Jambi, dalam sambutannya pada acara Pengukuan dan Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing (Mabida) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwarda Jambi Masa Bhakti 2012-2017.

Ditegaskan Gubernur, bahwa kemajuan pembangunan Gerakan Pramuka bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah, melainkan memerlukan keterlibatan semua komponen, yaitu keluarga, masyarakat dan pemerintah. Pada komponen pemerintah, peranan Majelis Pembimbing pada setiap jajaran Gerakan Pramuka, sangat diharapkan dalam memberikan bimbingan dan bantuan moril, oraganisatoris, material dan finansial kepada Kwartir dan Satuan Gerakan Pramuka.

Sebagaimana yang telah dilakukan oleh mantan Gubernur Jambi Bapak Drs. H. Abdurrahman Sayoeti, bersama wakilnya, Bapak Musa, dimana pada masa mkepemimpinannya telah meletakkan landasan yang kokoh sebagai modal pembangunan Gerakan Pramuka di Jambi.

Karenanya “kita harus berterima kasih kepada beliau-beliau tersebut, yakni Bapak H. Abdurrahmnan Sayoeti dan Bapak Musa, yang dilanjutkan oleh Bapak Uteng Suryadiatna yang juga sebagai Wakil Gubernur. Atas usaha beliau beliau Kwarda Gerakan Pramuka Jambi memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 400 hektar, yang hasilnya dimanfaatkan sebagai dana operasional Gerakan Pramuka Jambi hingga saat ini, sehingga Kwarda Gerakan Pramuka Jambi hingga saat ini bisa mandiri,” ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa uang Pramuka Jambi itu cukup besar, tinggal lagi generasi sekarang itu, diharapkan dapat mengembangkan apa yang dimiliki. Karena telah memiliki modal, bagaimana untuk mengembanagkannya, bagaimana yang 400 hektar tersebut bisa menjadi lebih banyak lagi, bahkan muingkin membuka usaha lain, seperti membeli rumah toko (ruko) kemudian disewakan, dan lain sebagainya, yang penting uang Pramuka ini dipertanggungjawabkan, sesuai dengan anggaran yang diputusakan dalam Rapat Kerja Kwarda Jambi, tegas Gubernur.

Selain itu, sebagai salah satu provinsi dari 33 Provinsi yang ada di Bumi Pertiwi ini, Provinsi Jambi terus melakukan pembangunan di segala bidang, termasuk salah satunya membangun bidang pendidikan, melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM), khususnya generasi muda. Komitmen Pemerintah Provinsi Jambi ini diwujudkan dengan dibangunnya kantor dan mess Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, yang pendanaannya bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi Jambi. Dengan demikian diharapkan Gerakan Pramuka di Jambi semakin mamju dan semakin berkembang, berfungsi sebagai wadah pembinaan generasi muda Jambi ke depan.

Disamping itu Kamabida Gerakan Pramuka Jambi juga meminta agar Kwarda Jambi membantu Pemerintah Daearah ikut berperan aktif mencegah meluasnya penggunaan obat-obatan terlarang (narkoba), yang saat ini Jambi menduduki rengking enam di Indonesia, ini sangat menghawatirkan, kemudian menekan melajunya pertanabahan penderita AIDS, yang saat ini Jambi termasuk memiliki penderita cukup banyak, selanjutnyha Kwarda juga diminta memberantas buta aksara Al-Quran, bagi generasi Islam yang saat ini di Jambi jumlahnya mencapai kurang lenih 25.000 orang, mulai dari tingkat sekolah dasar dan seterusnya.

Sedangkan Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas) Gerakan Pramuka Prof. DR. Dr. Azrul Azwar, MPH, yang hadir melantik Mabida Gerakan Pramuka Jambi, berkeyakinan Pramuka Jambi kedepan akan dapat lebih maju lagi.

“Saya yakin kedepan Parmuka Jambi di bawah kepemimpinan Kamabidanya Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM, dengan dibantu segenap jajarannya akan dapat berkembang lebih maju lagi, karena telah memiliki landasan yang kuat, tinggal lagi bagaimana usaha untuk mengembangkan modal yang telah ada,” ujarnya.

Terlebih lagi Gubernur selaku Kamabida dan Sekda sebagai Kakwarda memiliki kepedulian terhadap kemajuan generasi muda, dan selalu ingin mendorong generasi muda berprestasi dan terhindar dari berbagai masalah. Diantaranya yang sangat menyedihkan tentang karakter kaum muda, bukan rahasia lagi banyak kaum muda yang terjebak dalam persoalan-persoalan yang tidak semestinya terjadi, tegasnya.

Sumber: http://www.kabarindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6339