Pekerja Seks Komersial di Wanam Bebas Beroperasi
Tanggal: Thursday, 05 April 2012
Topik: Narkoba


Cenderawasih Pos, 04 April 2012

MERAUKE - Para Pekerja Seks Komersial (PSK) di Wanam kini bebas beroperasi tanpa pemeriksaan kesehatan secara rutin dari tenaga kesehatan. Pasalnya saat ini tenaga kesehatan sangat minim.

Kepala Pusat Kesehatan Reproduksi (PKR) RSUD Merauke dr Inge Silvia, kepada Cenderawasih Pos, Selasa kemarin, mengungkapkan, kesulitan yang dialami pihaknya untuk bisa mengontrol atau memeriksa kesehatan secara rutin para PSK yang beroperasi di Wanam tersebut karena minimnya tenaga.

‘’Kami di Merauke saja, masih kurang tenaga, apalagi kita mau kirim ke Wanam. Dan kalau kita mau kirim ke sana, juga harus dengan dukungan dana dan fasilitas di sana. Ini yang masih menjadi kesulitan,’’ katanya.

Dikatakan, kalau pemeriksaan HIV/AIDS, bisa dilakukan oleh dokter yang bertugas di sana (Wanam). Tapi khusus untuk penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) dibutuhkan keahlian khusus, karena itu berkaitan dengan profesi. Jadi tidak semua tenaga medis seperti dokter bisa melakukan,’’ katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh saat turun ke Wanam tahun 2011 lalu, ungkap dr Silvia Inge, telah ditemukan sedikitnya 40 PSK beroperasi di daerah tersebut. Para PSK tersebut, lanjut dia, ada yang datang dari Merauke, Timika, Jawa dan daerah lainnya di Indonesia. ‘’Kalau sekarang kita tidak tahu jumlahnya sudah berapa karena kemungkinan bisa saja terus bertambah,’’ jelasnya.

Ditambahkan, tujuan dari pemeriksaan secara rutin tersebut untuk mengetahui status dari para pekerja tersebut. Jika ditemukan terkena IMS, maka otomatis dilarang untuk bekerja atau melakukan transaksi sampai IMS-nya sembuh. Karena IMS sendiri, merupakan pintu masuknya HIV/AIDS.

Sekadar diketahui, di Wanam telah beroperasi satu perusahaan penangkap ikan yang sebagian besar ABK-nya berasal dari China yang menjadi daya tarik bagi PSK ke daerah tersebut. Bahkan, data tahun lalu telah ditemukan sejumlah PSK yang positif HIV/AIDS. (ulo/nan)

Sumber
: http://www.cenderawasihpos.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6345