Dinkesos Kota Akan Data PSK
Tanggal: Thursday, 05 April 2012
Topik: Narkoba


Cenderawasih Pos, 04 April 2012

JAYAPURA - Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Kota Jayapura akan melakukan pendataan terhadap Penjaja Seks Komersial (PSK) di Kota Jayapura khususnya yang beroperasi di tempat-tempat umum. Kadinkessos Kota Jayapura, Drs. Irawadi mengatakan, pendataan ini dilakukan terkait dengan adanya program pembinaan terhadap PSK yang akan dilakukan sejumlah Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) di jajaran Pemkot Jayapura dan lembaga pemerhati masalah sosial.

. “Memang dari laporan yang ada sekarang ini ada peningkatan jumlah PSK yang cukup signifikan. Kami akan lakukan pendataan khususnya yang beroperasi di tempat-tempat umum. Sebab ada sejumlah tempat yang kerap menjadi lokasi mejeng para PSK ini di malam hari dan itu akan kami data,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (3/4).

Dikatakan, pembinaan yang akan dilakukan terhadap para PSK ini antara lain dari segi kesehatan, agama dan keterampilan. Pembinaan dari sisi keagamaan sangat penting agar mereka diberikan pencerahan rohani sekaligus penyegaran-penyegaran rohani. “Karena bisa jadi mereka itu salah langkah dalam menjalani hidup ini,” ujarnya.

Lalu pembinaan dari segi kesehatan diantaranya adalah untuk mengantisipasi para PSK dari penyakit-penyakit serius seperti HIV-AIDS yang kini sedang menjadi kasus yang mengkhawatirkan di Papua. “Penting bagi mereka para PSK untuk mengetahui betapa pentingnya kesehatan ini utamanya bagaimana untuk melindungi diri mereka dari berbagai macam penyakit,” jelasnya.

Sedangkan untuk pembinaan keterampilan diakuinya juga penting sebagai bekal bagi mereka ketika menyadari bahwa jalan yang ditempuh itu keliru, sehingga mereka memiliki bekal keterampilan yang bisa dijadikan alat untuk mencari nafkah. “Karena bisa saja orang menjadi PSK karena tidak ada pilihan lain dan terjebak oleh sulitnya keadaan, nah inilah yang ingin kita lakukan,” tegasnya.

Hanya saja, kapan pembinaan itu akan dilakukan Irawadi belum memberikan keterangan yang rinci. Namun menurutnya tahun ini pembinaan tersebut sudah menjadi salah satu program yang akan dilaksanakan. “Kita tunggu saja karena sekarang ini sedang dilakukan pendataan,” tandasnya.(ta/nat)

Sumber: http://www.cenderawasihpos.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6346