Cegah Penyebaran HIV/AIDS Lewat Musik
Tanggal: Thursday, 05 April 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 05 April 2012

DENPASAR: Penyebaran virus HIV/AIDS di Bali begitu cepat. Pada 2010 jumlah penderita HIV/AIDS sebanyak 4.210 orang. Sementara pada 2011 jumlahnya menjadi 5.222 pengidap.

Yang memprihatinkan, penyakit yang belum ditemukan obatnya itu menyasar kalangan usia produktif. Dari total itu, mereka yang terinfeksi 50 persennya adalah berada pada usia 20-29 tahun. Untuk mempersempit ruang penularan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh itu Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali menggelar pagelaran musik dalam rangka mengampanyekan penyakit itu. Dengan menggandeng musisi lokal Bali, Ayu Handayani, KPA Bali berharap bisa menyasar kelompok usia produktif.

Ayu Handayani mengatakan acara musik yang digagasnya kali ini merupakan pagelaran kedua. "Tahun lalu saya juga membuat acara serupa, di mana uang yang terkumpul saya serahkan sepenuhnya kepada KPA Bali," kata Ayu Handayani, di Warung Tresni, Denpasar, Rabu (4/4).

Ia mengaku sudah mencipta lagu khusus untuk pagelaran yang menyasar kalangan SMA dan mahasiswa itu. "Judul lagunya 'Setia pada Pasangan.' Hasil pagelaran tahun lalu sebesar Rp14 juta saya sumbangkan semua ke KPA Bali," bebernya.

Sementara itu, Media Relation KPA Bali Yuni Ambara menandaskan jika pada acara itu akan diisi dengan pengetahuan penyakit HIV/AIDS, termasuk cara penularannya. "Penyakit ini bukan untuk dijauhi, tapi untuk diketahui," kata Yuni.

Soal efektivitas media musik dalam menyosialisasikan pengetahuan HIV/AIDS, Yuni yakin betul jika musik adalah sarana efektif. Jika mengacu pada hasil survei, di mana penularan HIV/AIDS di Bali terus meningkat, seiring dengan pagelaran musik juga banyak muncul organisasi peduli penyakit ini. (OL/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6350