MDGs 5 Tingkatkan Kesehatan Ibu
Tanggal: Thursday, 05 April 2012
Topik: Narkoba


Padang Ekspres, 05 April 2012

Padang — Deklarasi Millennium Development Goals (MDGs) merupakan hasil perjuangan dan kesepakatan bersama antara negara-negara berkembang dan negara maju. Negara-negara berkembang berkewajiban melaksanakannya, termasuk Indonesia. Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Rosnini Savitri memaparkan, kegiatan MDGs di Indonesia mencakup pelaksanaan kegiatan monitoring MDGs.

Sedangkan negara-negara maju berkewajiban mendukung dan memberikan bantuan terhadap upaya keberhasilan setiap tujuan dan target MDGs. Deklarasi ini merupakan kesepakatan anggota PBB tentang sebuah paket arah pembangunan global yang dirumuskan dalam delapan tujuan.

Yaitu menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Selanjutnya, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, serta memastikan kelestarian lingkungan hidup dan membangun kemitraan global untuk pembangunan.

Tujuan MDGs 5 adalah meningkatkan kesehatan ibu dengan target pencapaian angka kematian ibu 102 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2015. Data pada tahun 1990, angka kematian ibu sebesar 390 per 100.000 kelahiran hidup telah dapat diturunkan menjadi 307 per 100.000 kelahiran hidup tahun 2003 (SDKI) dan menjadi 228 per 100.000 kelahiran hidup tahun 2007. Sedangkan data Sumbar, berdasarkan survei angka kematian ibu tahun 2007 adalah 212 per 100.000 kelahiran hidup.

Strategi penurunan AKI adalah melalui peningkatan cakupan akses masyarakat khususnya ibu hamil, menyusui dan nifas terhadap pelayanan kesehatan, menggerakkan dan memberdayakan masyarakat khususnya ibu hamil, menyusui dan nifas untuk hidup sehat. Termasuk kemitraan dengan LSM potensial serta meningkatkan sistem surveilans, monitoring dan informasi kesehatan dan meningkatkan pembiayaan program kesehatan ibu.

Upaya program yang dilakukan sebagai berikut, yakni PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja), Konseling Kesehatan Reproduksi, Konseling Penyakit Menular, Konseling HIV/AIDS dan narkoba. Pada ibu hamil; pelayanan ibu hamil sesuai standar kebidanan minimal: pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan status gizi, pemeriksaan tinggi rahim (fundus uteri), pemeriksaan denyut jantung janin, pemberian suntik tetanus toksoid jika perlu, pemberian tablet besi (Fe), pemeriksaan laboratorium, tata laksana kasus, konseling payudara, pemasangan stiker, program penanganan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) pada kelurahan/nagari siaga, pemasangan KB sesudah persalinan, kelas ibu.

Pada ibu bersalin, dilakukan pencegahan infeksi, asuhan persalinan sesuai standar, merujuk kasus resti, inisiasi menyusui dini, pemberian vit K1 dan salep mata. Sedangkan pada ibu nifas, dilakukan pemeriksaan pada 6 jam 3 hari setelah melahirkan, 4-28 hari setelah melahirkan, 29-42 hari setelah melahirkan, pemeriksaan tensi, nadi, nafas, suhu, involusi uterus, lokhia, payudara, vitamin A, pemberian tablet besi, KB sesudah persalinan, kelas ibu balita.

Upaya peningkatan sumber daya manusia juga dilakukan berupa sebanyak 67 puskesmas yang mampu melayani kasus gawat darurat pada ibu hamil dan bersalin serta bayi baru lahir (puskesmas/Penanganan Obstertri Neonatal Emergensi Dasar (PONED).

Lalu, sebanyak 13 rumah sakit yang mampu melayani kasus gawat darurat pada ibu hamil dan bersalin serta bayi baru lahir. Sebanyak 877 orang tenaga bidan terlatih penolong persalinan dan 1.387 orang tenaga kesehatan yang mampu menangani kasus susah bernapas pada bayi baru lahir.

Selain itu, terdapat tiga rumah sakit besar yang dapat membantu pembinaan terhadap RS PONED. Yakni RSUP dr M Djamil Padang yang membina RSUD Padang, Pessel, Mentawai, Pasbar, Padangpariaman, Pariaman dan Lubuksikaping. (*)

Sumber: http://padangekspres.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6351