Sejak 2005, 249 ODHA Meninggal Dunia
Tanggal: Sunday, 08 April 2012
Topik: Narkoba


Suaramerdeka.com, 07 April 2012

SOLO - Sebanyak 249 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) meninggal dunia sepanjang 2005 sampai sekarang. Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Solo mencatat angka kematian akibat virus mematikan itu dari 742 penderitanya.

Mulai awal tahun ini hingga Maret lalu KPA menemukan 60 pasien klinik Voluntary Conseling dan Testing (VCT) di Solo. Dari jumlah tersebut, 19 diantaranya HIV dan 41 AIDS. Sejak 2005 silam hingga Maret 2012, jumlah ODHA terdeteksi di klinik VCT RS DR Moewardi, RS DR Oen, serta Puskesmas Manahan 742 orang. Data terakhir menyebutkan, 249 diantaranya menemui ajal.

“Tidak semua penderita dari Solo. Melainkan dari kota/kabupaten di sekitarnya yang menjadi pasien di klinik VCT di Solo. Tiap tahun angkanya memang naik karena tingkat kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit ini cenderung meningkat,” ujar Pengelola Program KPA Solo, Tommy Prawoto, Sabtu (7/4).

Untuk mencegah penularan HIV meluas, KPA Solo mengawasi komunitas-komunitas rentan terjangkit virus mematikan tersebut. Sejauh ini sasaran program kepada wanita pekerja seks komersil, pengguna obat-obatan terlarang, dan penyuka sesama jenis. Ke depan, KPA juga menyasar komunitas rentan lainnya, yakni gadis belia penjaja cinta. Perlakuan terhadap komunitas ciblek (cilik cilik betah melek) ini bakal berbeda mengingat karakteristik anggota komunitas yang tertutup.

Terkait jumlah penderita HIV/AIDS yang bertambah, Sekretaris KPA Solo, Harsojo Soepodo mengatakan hal itu sebagai tolak ukur kesadaran masyarakat tentang bahaya HIV/Aids. Para pasien yang berobat dan bersedia dipantau melalui klinik VCT menandakan harapan hidupnya masih tinggi.

Dalam hal ini KPA menerjunkan sukarelawan di tiap RW yang bertugas menyosialisasikan bahaya HIV/Aids sekaligus memetakan para penderita di wilayahnya. “Tujuannya masyarakat Kota Solo sadar HIV/Aids dengan angka terpapar pemahaman 90 persen penduduk hingga 2015," katanya.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6355