Larangan Diskriminasi terhadap Penderita HIV/AIDS Disahkan
Tanggal: Monday, 23 April 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 23 April 2012

PADANG: DPRD Sumatera Barat akan mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah tentang penanggulangan HIV-AIDS yang salah satu pasalnya mengatur larangan diskriminasi terhadap penderita penyakit tersebut.

"Dalam pasal 32 ayat (1) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tersebut ditegaskan, setiap orang dilarang melakukan diskrimisasi dalam bentuk apa pun kepada orang yang disanka atau terinfeksi HIV-Aids," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Minggu (22/4).

Dikatakannya, aturan lainnya yang ditegaskan dalam Ranperda itu meliputi, setiap orang dilarang melakukan 'mandatory testing' HIV.

Kemudian, lanjutnya, setiap orang atau pihak terkait yang telah mengetahui seseorang atau individu telah terinfeksi HIV, dilarang mendonorkan atau meneruskan darah, produk darah, organ dan jaringan tubuhnya kepada orang lain.

"Juga, setiap orang dilarang meneruskan darah, produk darah, organ dan jaringan tubuhnya yang terinfeksi HIV kepada calon penerima donor," katanya.

Selanjutnya, demikian Irwan Prayitno, setiap orang yang telah mengetahui dirinya terinfeksi HIV, dilarang dengan sengaja menularkan infeksinya kepada orang lainnya.

"Aturan lainnya, setiap orang atau pihak terkait dilarang mempublikasikan status HIV-Aids seseorang, kecuali dengan persetujuan yang bersangkutan," tuturnya. (Ant/OL-10)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6390