80 Persen Pengidap HIV/AIDS Ibu Rumah Tangga
Tanggal: Tuesday, 24 April 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 23 April 2012

SEMARANG - Penerus perjuangan RA Kartini pada masa sekarang menghadapi persoalan krusial. Lemahnya posisi tawar menjadikan wanita sangat rentan terhadap penyakit HIV/AIDS.

Hal itu dikatakan Pelaksana Harian (PlH) Gubernur Jateng Rustriningsih, Senin (23/4). Hal itu diketahuinya dari hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) yang menyatakan bahwa remaja putri 2,5 kali lebih rentan tertular, ketimbang remaja putra.

"Pasalnya dari tiga aspek penularan, yakni pola berhubungan seks, melahirkan dan jarum suntik, wanita terlibat dalam dua aspek yakni hubungan seks dan melahirkan," ujarnya ketika memberikan sambutan dalam acara Peringatan Hari Kartini di Gedung Grhadika Bhakti Praja, Kompleks Gubernuran, Jalan Pahlawan.

Penelitian BNN juga menyebut 80 persen pengidap HIV/AIDS adalah ibu rumah tangga. Hal ini sekaligus membantah pendapat mayoritas yang kadung menstigmakan HIV/AIDS adalah penyakit milik pekerja seks komersial (PSK). Jumlah PSK di seluruh Indonesia diperkirakan sekitar 250 ribu, sementara penderita HIV/AIDS sekitar 3 jutaan jiwa.

Terjangkitnya ibu rumah tangga itu sebagian besar karena ditulari oleh suami yang melakukan hubungan seks secara sembarangan. Untuk hal ini, Rustri menunjukkan data pendukung bahwa 53,1 persen laki-laki memiliki kecenderungan selingkuh. Di Jawa Tengah sendiri hingga akhir 2011, jumlah kasus HIV/AIDS tercatat sebanyak 4.638 kasus, dengan 568 orang diantaranya telah meninggal dunia.

Didorong keprihatinan pada kondisi itulah, peringatan Hari Kartini kali ini mengusung tema "Dengan Semangat Kartini kita Galang Bersama Gerakan Penanggulangan HIV/Aids bagi Perempuan dan Anak di Jawa Tengah."

Sumber
: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6397