Pengusaha Diminta Dukung Pemberantasan HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 26 April 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 26 April 2012

SLEMAN - Jumlah penderita HIV di Kabupaten Sleman terus meningkat. Sepanjang tahun 2011, Pemkab Sleman mencatat 36 temuan kasus.

Secara keseluruhan, jumlah pasien HIV saat ini mencapai 339 orang. "Untuk mengatasi epidemi HIV dan Aids, semua komponen masyarakat harus bersatu dengan didukung komitmen dari pemerintah," kata Bupati Sri Purnomo.

Dia menginstruksikan kepada jajarannya agar memberi aktif memberi pemahaman kepada masyarakat. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui talkshow, sosialisasi, maupun sarasehan.

"Dengan pemahaman yang komprehensif, warga akan tahu bagaimana proses penyebaran HIV, sehingga tidak akan muncul kekhawatiran yang berlebih," katanya.

Disamping itu, upaya ini juga akan menjadikan masyarakat lebih peduli terhadap penderita Aids. Dan artinya secara tidak langsung, mereka telah ikut meringankan beban para ODHA.

"Perang terhadap HIV sudah menjadi bagian dari pencapaian target MDGs. Namun untuk mencapai visi itu, kita harus terlebih dulu mewujudkan masyarakat Sleman yang sehat jasmani dan rohani," ujar Bupati.

Menyinggung persoalan ODHA yang kebanyakan masih usia produktif, Sri Purnomo meminta agar kalangan pelaku usaha bisa memberi dukungan. Salah satunya dengan penerapan pencegahan HIV di tempat kerja. Selain meminimalisir kerugian usaha, langkah itu sekaligus untuk memutus mata rantai penularan HIV di lingkungan pekerja.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6406