PSK Dimotivasi Jaga Diri dan Periksa ke VCT
Tanggal: Tuesday, 01 May 2012
Topik: Narkoba


Suaramerdeka.com, 28 April 2012

BLORA - Para pekerja seks (PSK) di kawasan Kampung Baru Kecamatan Jepon diberikan motivasi menjaga kesehatan diri. Mereka juga diminta memeriksakan kesehatan secara rutin termasuk mendatangi klinik Voluntary Clinik Test (VCT) guna memastikan terinfeksi HIV/AIDS atau tidak.

Pemberian motivasi guna mencegah penyebaran penyakit menular seksual (PMS) itu dilakukan dalam sosialisasi gerakan penanggulangan HIV/AIDS bagi perempuan dan anak yang digelar di Kampung Baru. Sosialisasi yang dilakukan Panitia Hari Kartini di Blora merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini.

"Inti dari sosialisasi itu antara lain bagaimana para PSK yang rentan terjangkit PMS itu bisa menjaga kesehatan diri dengan baik. Misalnya jangan ragu meminta pria memakai kondom ketika berhubungan intim dengan mereka. Selain itu juga pemeriksaan kesehatan secara rutin dan datang ke klinik VCT untuk memastikan diri terjangkit PMS HIV/AIDS atau tidak," ujar Kepala Dinkes Blora, Henny Indriyanti melalui Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (P2PLP) Dinkes Blora, Lilik Hernanto, Sabtu (28/4).

Lilik menekankan penyebaran PMS HIV/AIDS sebagian besar melalui hubungan seksual selain melalui jarum suntik. Menurutnya PSK merupakan salah satu kelompok masyarakat yang berisiko tinggi tertular PMS. "Karena itu mereka harus dibekali dengan pengetahuan pencegahan PMS," tandasnya.

Selain pencegahan, para PSK juga perlu mendeteksi dirinya sendiri apakah sudah tertular HIV/AIDS atau tidak. Salah satunya dengan memeriksakan diri ke VCT yang ada di Rumah Sakit Umum Dr R Soetijono Blora. Keberadaan VCT sejak beberapa tahun lalu itu cukup efektif mendeteksi jumlah penderita HIV/AIDS.

Di tahun 2011 jumlah warga yang memeriksakan diri di VCT sebanyak 44 orang. Dari jumlah tersebut, 24 orang di antaranya positif mengidap HIV-AIDS, empat orang di antaranya telah meninggal dunia. Ke-24 orang itu adalah penderita baru.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6413