64 Juta Remaja Indonesia Rentan Kawin Muda
Tanggal: Monday, 07 May 2012
Topik: Narkoba


Fajar Online, 03 May 2012

JAKARTA -- Sekitar 64 juta jiwa remaja Indonesia rentan akan kasus kawin muda atau sekitar 27,6 persen dari jumlah penduduk yang ada. Ini diutarakan Kepala BKKBN, Dr Sugiri Syarief dalam keterangannya kepada media usai membuka program pengembangan Generasi Berencana (GenRe) bagi remaja, Rabu (2/5) di kantor BKKBN, Jakarta.

Menurut Sigiri, tantangan yang besar bagi remaja dan pemuda sebagai calon generasi bangsa dan pemimpin negeri saat ini sangat kompleks. Baik itu menyangkut persoalan pendidikan, ekonomi, kesehatan, perilaku seksual, HIV/AIDS, pengangguran, narkoba yang kesemuanya adalah tanggungjawab negara.

Data menunjukkan bahwa saat ini usia kawin pertama di Indonesia pada perempuan baru mencapai 19,8 tahun. Padahal diharapkan usia kawin pertama perempuan adalah 21 tahun. Sementara itu menurut data dari BNN untuk tahun 2008 menunjukkan jumlah pengguna napza sebanyak 115.404 orang. Dimana 51.986 orang (45,04%) dari total pengguna napza adalah berusia remaja (usia 16-24 tahun), pelajar bersekolah berjumlah 5.484 orang (4,75%), dan mahasiswa 4.055 orang (3,51%). Sedangkan untuk kasus HIV/AIDS menunjukkan hampir setengahnya yakni 45,9% kasus berasal dari usia 20-29 tahun. Data tersebut mengindikasikan bahwa usia remaja rentan dengan HIV/AIDS, jelasnya.

Untuk mengatasi masalah remaja saat ini, BKKBN mengembangkan program Generasi Berencana (GenRe), dengan melakukan pendekatan langsung kepada remaja dan lewat orang tua. Dimana program GenRe ini akan memunculkan sosok motivator kalangan remaja yang disiapkan menjadi Duta Mahasiswa GenRe, yang selanjutnya akan melakukan sosialisasi ke kampus-kampus di Indonesia.

"Diharapkan dengan adanya sosok motivator dari kalangan remaja sendiri, dapat memberikan pemahaman dan pencerahan akan perlunya perencanaan KB, kesehatan reproduksi remaja, dan masih banyak lagi," ucap Sugiri. (idr)

Sumber: http://www.fajar.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6426