Penyalahgunaan Napza Cenderung Meningkat
Tanggal: Monday, 07 May 2012
Topik: Narkoba


Samarinda Pos, 06 May 2012

SAMARINDA
. Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainya (Napza), akhir-akhir ini cenderung meningkat, utamanya di kalangan remaja. Hingga mengundang keprihatinan banyak pihak, salah satunya mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Unmul yang tergabung dalam PesutMahakam Unmul.

"Ya, kami mencoba berbagi pengetahuan. Pasalnya, peredaran narkoba saat ini sudah menyasar anak-anak sekolah. Makanya, kami memilih merangkul teman-teman di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda, karena di sini mempunyai Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja, kendati tak terlalu aktif, minimal dengan begini mereka kembali bergerak," ujar Ketua PesutMahakam Unmul Beni Apriadi.

Diharapkan, setelah ini para siswa bisa menjadi model dan contoh bagi rekannya, untuk bisa merangkul rekan sebayanya, agar tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan Napza. Dalam melangkah, PesutMahakam menggandeng beberapa instansi terkait, seperti Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Samarinda.

"Kami bekali teman-teman PIK Remaja dengan kemampuan mengenali beberapa jenis Napza. Juga kami lakukan tes, untuk melihat seberapa jauh peningkatan pengetahuan dan pemahaman mereka mengenai penyalahgunaan Napza ini, agar dalam memberikan konseling jauh lebih efetif," pungkasnya.

Disinggung keterlibatan lembaga keluarga berencana dalam hal ini, dia menjawab, upaya ini sejalan dengan program keluarga berencana, yang ingin menciptakan Tegar Remaja, yaitu remaja yang berprilaku sehat, menunda usia perkawinan, sehingga terhindar dari resiko penyalahgunaan Napza, seksualitas atau seks bebas, HIV dan AIDS. (ama)

Sumber: http://www.sapos.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6436