Sulawesi Utara Bidik Nol HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 07 May 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 06 May 2012

MANADO: Sulawesi Utara berupaya menuju nol infeksi human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immunodeficiency syndrome (AIDS).

"Kami terus berupaya agar tidak ada lagi kasus infeksi baru penderita HIV/AIDS di Sulawesi Utara. Penemuan kasus HIV/AIDS bisa saja terus berlanjut, tapi sekali lagi jangan ada kasus infeksi baru," kata Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sulawesi Utara dr Tangel-Kairupan di Manado, Minggu (6/5).

Dia mengatakan, temuan kasus HIV/AIDS di daerah ini rata-rata sudah pada stadium AIDS dan bukan HIV. Bila pada saat memeriksakan diri berada pada stadium AIDS, akan semakin sukar diberikan intervensi karena sudah digerogoti penyakit.

"Tapi bukan berarti kami tidak memberikan penanganan kepada mereka. Baiknya, pada saat memeriksakan diri masih pada stadium HIV sehingga bisa ditindaklanjuti dengan pengobatan serius," sarannya.

Karena itu, KPA Sulawesi Utara terus mendekati kelompok-kelompok berisiko dan melakukan sosialisasi program kepada anak usia sekolah hingga komunitas keagamaan dan tokoh-tokoh agama.

"Ketika sosialisasi bahaya HIV/AIDS terus dilakukan dan cara pencegahan, dengan sendirinya akan semakin memperkecil kemunculan kasus infeksi baru karena semakin tinggi kesadaran," katanya.

Keberhasilan sosialisasi program, kata dia, diindikasikan semakin banyak yang memeriksakan secara langsung ke klinik voluntary counseling and testing (VCT) yang tersebar di beberapa rumah sakit. (Ant/OL-5)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6437