Pengidap HIV/AIDS di NTT Didominasi Pria
Tanggal: Monday, 14 May 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 11 May 2012

KUPANG: Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Nusa Tenggara Timur dr Husein Pancratius mengatakan jumlah pengidap HIV/AIDS di NTT berdasarkan jenis kelamin pria sejak 1997 hingga April 2012 mencapai 52 persen dari total 1.491 kasus.

"Dari total 1.491 kasus yang diidap korban di NTT 52 persen berjenis kelamin pria dalam tenggat waktu 14 tahun itu, sisanya 48 persen berjenis kelamin perempuan dan saat ini tinggal serta menetap di daerah kepulauan ini," katanya di Kupang, Jumat (11/5).

Hal ini (kasus HIV/AIDS berdasarkan jenis kelamin), katanya, juga tergambar jelas dalam data pengidap HIV/AIDS berdasarkan jenis pekerjaan, terdapat 298 berprofesi sebagai pekerja swasta, diikuti pengidap yang berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) sebanyak 268 orang.

Menyusul, katanya, pengidap yang berprofesi sebagai petani 193 orang, lalu Tenaga Kerja Indonesia dan Wanita Pekerja Sekskomersial masing-masing sebanyak 134 orang, PNS 89, sopir 74 dan tukang ojek 60 orang.

Selanjutnya mahasiswa dan TNI/Polri masing-masing 45 orang, pekerja yang berprofesi sebagai guru 30 orang dan sisanya buruh, nelayan dan pelaut, masing-masing 15 orang, serta pengidap yang adalah pengangguran atau tidak memili pekerjaan jumlahnya mencapai 75 orang.

Husein juga mengatakan risiko terinfeksi HIV/AIDS bukan sekedar masalah kurangnya informasi, tetapi juga lebih kepada perilaku. Bila mendapatkan pendidikan dan informasi yang benar, maka pekerja migran akan lebih menjaga diri dari perilaku yang berisiko terinfeksi HIV/AIDS.

"Selama ini, yang dipahami mengenai HIV/AIDS hanya stigma negatif yang diskrimatif saja," kata Focal Point ILO untuk Program HIV/AIDS Bagi Pekerja Migran, Early Dewi Nuriana. (Ant/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6461