HIV/AIDS Kirim Relawan
Tanggal: Monday, 21 May 2012
Topik: HIV/AIDS


Pontianak Post, 21 May 2012

KOMISI Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kota Singkawang mengirim Maya Satrini untuk mengikuti Trainning of Trainer (ToT) Pengorganisasian Komunitas Penularan HIV Melalui Transmisi Seksual (PMTS) di Surabaya, tujuannya agar apa yang diperoleh bisa gunakan menurunkan penularan HIV/AIDS.Maya Satrini adalah aktivis peraih Penghargaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Berprestasi Tingkat Nasional 2011. Tujuannya mengikuti ToT adalah untuk menurunkan risiko kelompok berperilaku risiko tinggi terhadap infeksi atau penularan HIV secara mandiri.

“Barsama dengan seorang relawan (Eka Setiawati) ikut ToT Pengorganisasian Komunitas PMTS di New Grand Park Hotel Surabaya, selama empat hari sejak 16 Mei lalu,” kata Aktivis Sosial, Maya Satrini, Minggu (20/5). Selain itu, bagaimana nantinya meningkatkan akses layanan HIV pada populasi kunci, menurunkan angka kasus IMS dan meningkatkan penggunaan kondom. Sehingga dengan ToT ini terlaksana Program PMTS di tingkat kabupaten/kota sesuai dengan Pedoman PMTS. “Kegiatan ini nantinya bagaimana memberikan pelatihan calon Fasilitator PMTS Daerah yang ditetapkan dan mempersiapkan teknis ToT Fasilitator PMTS Provinsi,” katanya.

Penting sekali, lanjut Maya, sebagai upaya menurunkan tingkat penularan HIV-AIDS perlu kerjasama, koordinasi dan kebersamaan berbagai pihak. “Berbagai sektor perlu terlibat agar tercipta sinkronisasi kebijakan di semua lini sebagai upaya pencegahantransmisi seksual,” katanya. KPAN sendiri, telah mengembangkan pedoman program dengan menggunakan pendekatan intervensi struktural melalui empat pilar, yakni Peningkatan Peran Positif Pemangku Kepentingan, Komunikasi Perubahan Perilaku, Manajemen Pasokan Kondom serta Penatalaksanaan Infeksi Menular Seksual (IMS).Intervensi struktural dalam upaya pencegahan PMTS, kata Maya, terus diperkuat dan dikembangkan, mulai dari pelatihan fasilisator nasional hingga penguatan populasi kunci dan kelompok kerja di komunitas. (fah)

Sumber: http://www.pontianakpost.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6496