ABCDE, 5 Langkah Preventif Hindari HIV
Tanggal: Tuesday, 22 May 2012
Topik: HIV/AIDS


okezone.com, 21 May 2012

SIAPA yang tak kenal Human Immunodeficiency Virus (HIV)? Virus ini menjadi penyebab utama seseorang mengidap Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS).

Sekretaris Nasional Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia (KPAI), Dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH, memaparkan lima langkah mudah diingat untuk mencegah diri terserang virus HIV yang dapat menyebabkan kematian.

"Langkah preventifnya dengan ABCDE. Lima langkah yang saya rasa mudah diingat agar bisa diterapkan semua orang terhindar dari virus mematikan ini," tuturnya saat ditemui Okezone usai seminar “Di Balik MDG's: Peran Indonesia Sebagai Negara Berpenghasilan Menengah dalam Mengatasi Masalah dan Hak Seksual dan Kesehatan Reproduktif” di Auditorium FKUI, Jakarta, Senin (21/5/2012).

Berikut penjelasan mengenai langkah preventif dengan ABCDE.

- A = Abstinancy

Maksudnya absen untuk berhubungan seks yang berisiko bila diketahui pasangan memiliki potensi penyakit menular seksual. Antisipasinya dengan melakukan seks yang sehat.

- B = Baku setia

Salah satu seks sehat dengan be faithful atau baku setia. Setia pada pasangan. Jangan gonta-ganti pasangan seks.

- C = Condom

Kalau sudah tahu seks yang dilakukan akan berisiko menuai penyakit, maka gunakan kondom. Ini merupakan cara aman dan sehat berhubungan seks. Gunakan juga kondom agar tidak terjadi kehamilan yang tidak diinginkan. Ibu yang terlalu sering melahirkan juga berisiko terhadap kematian.

- D = Drugs

Jauhi drugs. Sebab drugs, baik yang diminum atau disuntik dapat berpotensi menyebabkan HIV. Drugs yang ditelan seperti ekstasi dapat menyebabkan gairah seks meningkat, hilang sadar dan akal sehat, sehingga seks yang dilakukan cenderung tidak aman. Demikian juga drugs suntik. Jarum suntik yang tidak steril dapat meningkatkan risiko.

- E = Equipment

Equipment yang dimaksud merupakan perlengkapan secara umum. Alat suntik jangan sharing dan harus steril. Kondom dalam seks yang sehat sebagai preventif penularan penyakit dan hamil yang tak diinginkan. (tty)

Sumber: http://health.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6506