Anak Muda seperti Ini Rentan HIV
Tanggal: Tuesday, 22 May 2012
Topik: HIV/AIDS


okezone.com, 21 May 2012

PERILAKU hidup menyimpang seperti seks bebas dan penggunaan narkoba merupakan persoalan yang kerap ditemukan di kalangan muda usia 15 hingga 29 tahun. Akibatnya, mereka pun rentan terkena virus mematikan, yakni Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Demikian informasi yang disampaikan Dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH, Sekretaris Nasional Komisi Penanggulangan Aids Indonesia (KPAI), pada seminar mengenai "Peran Indonesia sebagai Negara Berpenghasilan Menengah dalam Mengatasi HIV dan Kesehatan Reproduktif".

Berdasarkan laporan terakhir nasional sebagai tindak lanjut Deklarasi Komitmen terhadap masalah HIV/AIDS yang dikeluarkan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan United Nations for AIDS (UNAIDS) pada Mei ini, indikasi cara paling dominan penularan HIV di Indonesia melalui hubungan seks yang tidak aman, terutama dengan pasangan yang berganti-ganti.

"Epidemik HIV telah berganti. Di masa lalu, kebanyakan infeksi baru didapatkan melalui penggunaan narkoba melalui jarum suntik. Sekarang, sebagian besar infeksi baru berasal dari hubungan seksual," tuturnya.

"Banyak ditemukan pada usia muda yang aktif sebagai pelayan seks. Karena maaf, memang mereka lah yang laku kan? Demikian juga dengan penggunaan narkoba, khususnya narkoba suntik," tambahnya.

Dia pun menyayangkan, gencarnya kampanye menunda usia menikah agar tidak menikah di usia muda, tetapi menunda pernikahan, belum tentu menunda melakukan seks. Karena itu, Nafsiah mengharapkan adanya perubahan strategi nasional untuk mengatasi masalah tersebut.

"Dalam hal ini, peran penguatan agama memang tidak bisa dinafikan untuk mengantisipasi permasalahan ini. Selain agama, juga masih banyak hal yang harus disinergikan. Pendidikan dan perbaikan ekonomi, misalnya," tutupnya. (tty)

Sumber: http://health.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6508