Zaman sekarang, remaja harus kenal alat kontrasepsi
Tanggal: Tuesday, 22 May 2012
Topik: Narkoba


ANTARA News, 21 May 2012

Jakarta - Pola kehidupan sosial masyarakat masa kini ternyata menuntut para remaja untuk segera dikenalkan pada alat kontasepsi.

Hal tersebut diutarakan Sekretaris Nasional Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia (KPAI), Dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH dalam sebuah seminar tentang MDG's di Auditorium FKUI, Jakarta, Senin.

Menurutnya, pola kehidupan sosial saat ini harus diperhatikan, karena faktor agama bukanlah satu-satunya yang dapat mengendalikan perilaku masyarakat, terutama dari pola hidup seks bebas pada kaum muda.

"Hal ini mengingat bahwa anak muda berusia 15 sampai 29 tahun adalah kelompok yang paling rentan terkena HIV," ujarnya yang menambahkan bahwa epidemik HIV saat ini sebagian besar infeksi baru berasal dari hubungan seksual.

"Epidemik HIV telah berganti, di masa lalu kebanyakan infeksi berasal dari jarum suntik yang didapat melalui pemakaian narkoba," katanya.

Nafsiah berpendapat bahwa pengenalan alat kontrasepsi dan pendidikan seksualitas bisa diberikan sebelum remaja aktif melakukan aktivitas seksual.

"Mereka berhak mendapatkan informasi dan pelayanan dari petugas kesehatan," ujarnya.

Edukasi tentang pendidikan seksual memang bisa menjadi tindakan preventif pertama untuk mencegah remaja masuk ke dalam dunia seks bebas. Namun bila pola hidup sudah sulit dikendalikan, maka pemakaian alat kontrasepsi atau pun kondom sudah dianjurkan kepada mereka, ujar Nafsiah. (M048)

Sumber: http://www.antaranews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6509