Penderita HIV/AIDS di Sumut Meningkat
Tanggal: Wednesday, 23 May 2012
Topik: HIV/AIDS


Metrotvnews.com, 22 May 2012

Medan: Penderita HIV/AIDS di Sumatra Utara meningkat. Korbannya: tak cuma yang berisiko tinggi, seperti mereka yang suka berganti-ganti pasangan maupun pengguna narkoba.

"Tapi sudah merambah pada kalangan remaja dan pelajar. Hal ini tentunya harus mendapat perhatian serius dari berbagai pihak," kata pengamat kesehatan Delyuzar di Medan, Selasa (22/5).

Ketua Jaringan Kesehatan Masyarakat Kota Medan itu mengatakan, berdasarkan data, 57 persen dari 3.461 penderita HIV/AIDS di Sumut adalah remaja.

"Bahkan 25 persen dari 57 persen itu adalah pelajar. Ini artinya penderita HIV/AIDS tak lagi didominasi kelompok risiko tinggi, namun sudah masuk dalam komunitas umum seperti ibu rumah tangga dan juga remaja," kata Delyuzar.

Kondisi ini jelas mengenaskan. Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Medan Azrai mengatakan, sosialisasi bahaya HIV/AIDS di kalangan remaja, khususnya pelajar terbilang minim.

"Akibatnya tidak heran dewasa ini penyakit yang belum ditemukan obatnya itu tidak hanya diderita kalangan berisiko tinggi, namun juga sudah merambah pelajar akibat pergaulan bebas," katanya.

Menurut dia, peran pemerintah memang sangat diperlukan dalam upaya menekan semakin meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS, salah satunya adalah dengan menganggarkan dana pada APBN maupun APBD sehingga sosialisasinya maksimal dan terarah.

Meski demikian, peran orang tua juga sangat menentukan dalam pengawasan sehari-hari terhadap pergaulan putra-putri nya.Karena kalangan remaja yang terjerumus pada pergaulan bebas, disebabkan kurangnya pengawasan.

"Inti dari semua itu adalah bagaimana pemerintah dapat lebih intensif dalam upaya meminimalisir peningkatan kasus HIV/AIDS.Memang orang mengatakan di Medan tidak ada lokalisasi, namun di tempat-tempat tertentu rawan transaksi seksual.Inilah yang harus menjadi perhatian pemerintah bagaimana hal ini dapat diatasi," katanya.(Ant/ICH)

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6515