Kasus Meningkat, Bidan Diminta Siaga HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 23 May 2012
Topik: HIV/AIDS


Bali Post, 23 May 2012

Tabanan - Tingginya kasus HIV/AIDS membuat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Tabanan miris. Data terbaru, dari 250 ibu hamil, 1,2 persen ditemukan positif HIV/AIDS. Akibatnya, sejumlah bayi tertular penyakit mematikan itu sejak lahir. Tak ingin kasus serupa makin meluas, seluruh tenaga bidan diminta siaga. Mereka wajib merujuk ibu hamil ke klinik VCT jika ditemukan terjangkit HIV/AIDS.

“Peran bidan sangat menentukan keberhasilan lahirnya bayi tanpa risiko, terutama yang sudah terjangkit HIV/AIDS,” kata Wakil Bupati (Wabup) Tabanan Komang Gede Sanjaya di sela pelatihan bidan dalam peningkatan rujukan ke VCT, Selasa (22/5) kemarin.

Dijelaskan, berdasarkan data KPA Provinsi Bali tahun 2011, kalangan ibu rumah tangga menempati rangking pertama penderita HIV/AIDS. Menurut Wabup, kondisi ini akibat penularan dari kalangan suami. Kebanyakan, profesinya adalah sopir, buruh kasar, petani dan wiraswasta. Wabup menambahkan, jajaran bidan wajib memiliki keterampilan dalam mendeteksi kasus HIV/AIDS pada ibu hamil. Sehingga, mampu memberikan konseling dasar, termasuk membawa ibu hamil yang berisiko ke klinik VCT. “Semua bidan harus mampu mendeteksi sejak dini, lalu dirujuk ke klinik VCT,” katanya. Yang terpenting kata Wabup, para bidan ikut memberikan pemahaman bagi anggota keluarga jika terdeteksi HIV/AIDS. “Jika ada yang terjangkit, jangan dikucilkan,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr. Nyoman Suratmika menegaskan, hingga Februari 2012, penyebaran HIV/AIDS di Tabanan sudah menembus 362 kasus. Dari jumlah, penderita wanita 132 orang dan pria 230 kasus. Korban meninggal mencapai 29 orang. Selain bidan, digelar juga pelatihan bagi Kader Desa Peduli AIDS (KDPA). Para kader ini kepanjangan dari KPA di kabupaten. Totalnya mencapai 175 kader yang tersebar di 133 desa. Kader ini akan bertugas memberikan pendampingan jika ada warga yang positif HIV/AIDS, bahkan hingga korban meninggal ikut mengurusnya. (kmb30)

Sumber: http://www.balipost.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6519